-->
  • Nama-Nama Julukan (Laqab) Abu Bakar Ash-Shiddiq ra

     

    Abu Bakar Ash-Shiddiq merupakan sahabat Rasulullah Saw yang paling utama, paling alim dan paling mulia. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari Rasulullah bersabda

    “Seandainya aku ingin mengambil seorang khalil, niscaya Abu Bakar lah orangnya, akan tetapi ia adalah saudaraku dan sahabatku”.

    Abu Bakar merupakan putra dari pasangan Ustman bin Amir bin Amr yang memiliki nama kuniyah Abu Quhafah. Dengan Salma binti Shakhr bin Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim memiliki nama kuniyah Ummu Al-Khair.

    Abu Quhafah dan Ummu Al-Khair dikenal sebagai orang yang memiliki kehormatan dan kedudukan di tengah kaumnya. Hal tersebut menjadi salah satu faktor, Abu Bakar Ash-Shiddiq tumbuh menjadi sosok yang mulia dan memiliki kedudukan tinggi di tengah kaumnya.

    Terlahir dengan nama Abdullah bin Ustman bin Amir bin Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Ta’im bin Murrrah bin ka’ab bin Lu’ai bin Ghalib Al-Qurasyi At-Taimi. Nasab beliau bertautan dengan nasab Rasulullah Saw pada kakek keenamnya yaitu Murrah bin Ka’ab.

    Khalifah pertama Rasulullah Saw dan ayahanda Aisya ra ini memiliki nama kuniyah Abu Bakar  yang berasal dari kata “Al-Bakr” yang memiliki makna unta muda yang kuat. Orang-orang Arab menyebut Bakr adalah nenek moyang sebuah kabilah yang besar.

    Karena ketinggian derajat, kedudukan, serta kemuliaan jejak langkah dan nasabnya, Abu Bakar Ash-Shiddiq memiliki beberapa julukan (Laqab).

    Nama-Nama Julukan Abu Bakar Ash-Shiddiq

    1. Al-Atiq

    Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan At-Tarmidzi  Rasulullah Saw bersabda,

    ”Kamu adalah atiqullah (hamba yang dimerdekakan dan dibebaskan Allah) dari neraka”.

    Sejak saat itulah Abu Bakar Ash-Shiddiq dijuluki Al-Atiq

    Dalam sebuah riwayat  disebutkan Aisyah berkata

     “pada suatu ketika, Abu Bakar Ash-Shidiq masuk menemui Rasulullah lalu beliau berkata kepadanya, “Bergembiralah kamu, karena kamu adalah ‘atiqullah (hamba yang dibebaskan Allah) dari neraka.”

    2. Ash-Shiddiq

    Abu Bakar Ash-Shiddiq dijuluki Ash-Shiddiq, karena beliau selalu membenarkan dan mempercayai Rasulullah Saw, tanpa keraguan sedikitpun. Serta selalu berkomitmen pada kebenaran dan kejujuran.

    Dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan Annas dikatakan

    “ Bahwasanya pada suatu ketika Rasulullah naik ke bukit Uhud bersama dengan Abu Bakar Ash-Shidiq, Umar bin Al-Khatab ra, dan Ustman bin Affan ra lalu bukit Uhud bergetar dan bergerak-gerak. Lalu Rasulullah berkata, “Wahai Uhud, tenanglah kamu, karena sesungguhnya yang ada di atas kamu tidak lain adalah seorang Nabi, seorang Shiddiq dan dua orang syahid.”

    3. As-Syahib

    Julukan ini diberikan Allah SWT kepada Abu Bakar Ash- Shiddiq dalam Qs At-Taubah :40.

    “Jikalau kalian tidak menolongnya (Muhammad), maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (Musyrikin Makkah) mengeluarkannya (dari Makkah) sedang dia adalah salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya (shahibihi), “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita.”Maka Allah menurunkan ketenangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Dia menjadikan kalimat orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

     Para ulama bersepakat bahwa shahib (teman,kawan) yang dimaksudkan dalam ayat tersebut adalah adalah Abu Bakar Ash- Shiddiq.

    Diriwayatkan oleh Annas ra,  Abu Bakar Ash- Shiddiq ra bercerita kepadanya

     “Aku berkata kepada Rasulullah ketika sedang berada dalam gua, “Seandainya salah seorang dari mereka melihat kearah kedua kakinya, niscaya ia akan melihat keberadaan kita di bawah kedua kakinya!!” Lalu Rasulullah berkata, “Wahai Abu Bakar, apa pandangan kamu tentang dua orang yang Allah adalah orang Yang ketiga dari mereka berdua “.

    4. Al-Atqa (Orang yang Paling Bertakwa)

    Julukan ini diberikan Allah kepada Abu Bakar Ash- Shiddiq ra dalam Al-Quran Surat Al-Lail ayat 17

     “Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari neraka itu”

    5. Al-Awwah

    Abu Bakar Ash- Shiddiq ra dijuluki Al- Awwah yang berarti orang yang sangat takut kepada Allah.

    Ibrahim An-Nakha’I mengatakan “ Abu Bakar Ash- Shiddiq ra dijuluki Al-Awwah karena kelemahlembutan, kasih sayang dan sensitifitas hatinya yang mudah terharu dan menangis.

     

    Sumber : Biografi Abu Bakar Ash- Shiddiq karya Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi

     

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.