-->
  • Ubi Cilembu Naik Kelas

    Ubi Cilembu Naik Kelas


    Teman-teman apa yang langsung teringat ketika  mendengar kata Sumedang? Tahu. Yes  toss dulu … samaan kita.

    Salah satu kota di Propinsi Jawa Barat ini, emang identik banget dengan kuliner legend yang ditemukan oleh Ong Kino pada tahun 1900 yaitu tahu bungkeng. Kemudian tahu yang kelezatannya telah dikenal oleh masyarakat di seantero negeri ini, femes dengan nama tahu sumedang .

    Tapi saya enggak mau cerita tentang tahu Sumedang, saya mau sharing penganan khas lainnya yang berasal dari Sumedang yang sama lezatnya yaitu Ubi Cilembu.

    Ubi Cilembu Naik Kelas
    Dumber Gambar : IDN


    Ubi Cilembu

    Diantara sekian jenis umbi-umbian, rasanya sependek pengetahuanku belum ada deh yang mengalahkan cita rasa ubi yang berasal dari desa Cilembu Sumedang ini. Ubi Cilembu mempunyai tekstur yang lembut, manis dan pulen.

    Apabila ubi ini disimpan selama seminggu, akan mengeluarkan getah yang manis meleleh seperti madu. Wow luar biasa. Enggak heran banyak yang menggemari ubi ini baik sebagai cemilan maupun sebagai pengganti nasi. 

    Eit tapi hati-hati teman-teman, untuk mendapatkan berbagai keistimewaan rasa ubi berkulit gading ini harus tepat mengolahnya yaitu dengan cara dibakar bukan dibakar sih tepatnya tetapi dibubui kalau kata orang Sunda mah. Ubinya di masukin ke dalam abu panas seperti bikin pepes secara tradisional lah. Kebayang kan?

    Tetapi ubi Cilembu oven sih juaranya, kelegitan rasa dan teksturnya lebih ok dibanding dibakar. Seperti yang banyak di jual di swalayan-swalayan.

    Kandungan Nutrisi Ubi Cilembu

    Selain rasanya enak, ubi Cilembu ini selain mengandung karbohidrat juga mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh yaitu :

    1. Zat Besi

    Merupakan mineral penting bagi produksi sel darah merah dan putih. Sehingga dengan asupan zat gizi yang cukup dapat mengurangi resiko anemia dan menjaga kesehatan sel darah.

    2. Potasium

    Berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal dan keseimbangan cairan dalam tubuh

    3. Magnesium

    Berperan dalam menjaga kesehatan tulang saraf otot dan paru-paru serta membantu mengatur detak jantung, tekanan darah dan fungsi otot yang oftimal

    4. Betakarotenoid

    Sejenis betakaroten yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengoptimalkan kesehatan mata

    5. Pemanis Alami

    Rasa manis alami ubi Cilembu dapat dijadikan pilihan untuk menggantikan pemanis buatan. Mengkonsumsi gula alami dalam jumlah yang wajar tidak akan mempengaruhi kadar gula dalam darah, sehingga aman untuk penderita diabetes

    Ubi Cilembu Naik Kelas


    6. Anti Oksidan (anti kangker dan tumor).

    Anti oksidan yang terkandung dalam ubi Cilembu mampu mencegah radikal bebas dan berkembangnya sel kangker serta tumor.

    7. Vitamin C

    Vitamin C bermanfaat untuk mencegah penyakit dan memproduksi kolagen untuk mencegah penuaan dini

    8. Vitamin B6

    Vitamin B6 dapat membantu menguraikan homosisten dalam tubuh menjadi molekul sederhana sehingga dapat mencegah serangan jantung dan pikun

    9. Vitamin D

    Untuk membantu kesehatan tulang dan gigi

    10. Vitamin A

    Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan kulit, serta meningkatkan kekebalan tubuh

    Ubi Cilembu Naik Kelas

    Beberapa hari yang lalu saya dibawain oleh-oleh sama kang mas bebeb yang baru pulang berdinas dari sekitaran Bandung.

    Saat membuka pintu dia menyerahkan sebuah kantong kresek ungu dengan logo dan nama toko kue. Saya pikir isinya kue-kue kekinian khas kota kembang viral yang sering muncul di Sosmed.

    Ternyata bukan teman-teman.

    Kotak pertama berisi bolen, kalau biasanya yang namanya bolen itu kan bolen pisang . Kalau ini unik banget baru tahu ada bolen ubi Cilembu (maafkan kurang jauh mainnya).

    Penasaran banget apa iya ubi Cilembu bisa dibikin bolen? Kataku dalam hati. Saat dibuka penutupnya bentukannya persis sebagaimana bolen pada umumnya sampai detailnya juga sama ada yang bertoping coklat dan keju.

    Ubi Cilembu Naik Kelas


    Rasanya juga enak banget, manisnya ubi Cilembu berpadu harmonis dengan rotinya yang berlaye-layer. Manisnya pas tidak giung dan tidak bikin gigi sensitifku protes keras.

    Kotak kedua berisi lapis ubi Cilembu berwarna ungu dan kuning atasnya bertabur keju, bentukannya mirip dengan lapis talas Bogor. Bedanya yang ini salah satu ingredientnya adalah ubi Cilembu.

    Tapi jangan khawatir rasanya enak banget teman-teman, teksturnya lembut banget. Rasanya enggak bakalan percaya deh kalau itu dibikin dari ubi Cilembu endess banget apalagi kalau dinikmati sambil minum kopi mantap pisan.

    Yuuu….dicobain.

     Sumber :

     https://pustaka.setjen.pertanian.go.id/info-literasi/mengenal-nutrisi-ubi-cilembu


  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.