-->
  • Cara Membuka Tabungan BSI Junior

     

    Cara Membuka Tabungan BSI Junior

    Hanya tinggal beberapa pekan, kebersamaanku dengan si bungsu akan segera berakhir hiks hiks. Mulai bulan depan, dia harus sudah tinggal di kota kembang untuk menuntut ilmu. Walaupun jaraknya tidak terlalu jauh tapi teuteup emak mah hariwang.

    Agar semuanya berjalan aman dan terkendali dari  jauh-jauh hari, saya telah melakukan seabreg persiapan. Ketika si bungsu dinyatakan lulus masuk ITB melalui SNBP yang diumumkan pada tanggal 28 Maret 2023. Saya gercep mencari kost dan menyiapkan berbagai kebutuhan hidup lainnya. Salah satu diantaranya adalah membuat rekening bank.

    Cara Membuka Tabungan BSI Junior

    “Ade mau bikin rekening dimana?” tanya saya pada suatu pagi ketika kami baru saja menyelesaikan sarapan. Bapaknya menyebutkan beberapa nama bank sebagai bahan pertimbangan. Dengan lugas dia menjawab, “Ade mau buka rekening di Bank Syariah Indonesia (BSI) aja”. Ketika ditanya alasannya, dengan ringan dia menjawab karena BSI bebas dari riba. Subhanallah anak soleh.

    Saya memilih membuka rekening untuk si bungsu di BSI cabang Masjid Agung Tasikmalaya karena jaraknya paling dekat dengan rumah. Kurang dari sepuluh menit lah untuk sampai di sana, maklum emak sudah malas nyetir jauh-jauh wkwkwk.

    Antri… Antri

    Bapak Satpam berseragam cokelat menyambut kami dengan ramah. Setelah mengetahui maksud kedatanganku, pria berambut cepak itu memberikan sepotong kertas yang bertuliskan nomor antrian B024 sambil mempersilahkanku untuk duduk di kursi tunggu.

    Saat itu konsumen yang sedang bertransaksi di meja costumer service (CS) adalah konsumen dengan nomor antrian B016. Si bungsu berbisik “Delapan nomor lagi baru antrian kita” katanya.

    Duduk manis menunggu antrian di BSI, kayak lagi bersantai di ruang keluarga. Sopa berwarna abu-abu muda yang  berbentuk setengah lingkaran itu sangat nyaman, empuk banget enggak bikin sakit pinggang wkwkwk. Walaupun kantornya tergolong mungil dengan desain moderen minimalis  dan super bersih jadi bikin betah.

    So walaupun menunggu agak lama karena kepotong jam istirahat siang, teteh CS-nya tinggal satu yang melayani. Aku enjoy aja kok nunggunya sambil baca e-book.

    Cara Membuka Tabungan BSI Junior


    Tabungan BSI Junior

    Teteh CS menganjurkan bungsuku untuk membuka rekening BSI junior yaitu tabungan yang diperuntukan bagi anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun. Kok bisa? begini ceritanya dulu dia itu ngebet banget pengen sekolah padahal usianya baru lima tahun lebih, gara-gara tiap hari ngintilin emaknya antar jemput si sulung. Terus pas SMP nya ikut program akselerasi lagi, jadi walaupun sudah menyandang status sebagai mahasiswa umurnya belum nyampai 17.

    Tabungan BSI Junior dilengkapi dengan SABI Junior, Debit khusus anak yang merupakan salah satu tipe Debit GPN atas nama anak yang didesain dengan warna-warni ceria. Berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu Debit yang dapat digunakan diseluruh EDC di Indonesia

    Cara Membuka Tabungan BSI Junior
    Sumber gambar : https://webform.bankbsi.co.id/catalog/keterangan/12


    Persyaratan Proses Pendaftaran

    Persyaratan dan Proses Pendaftaran

    Teman-teman kalau mau membuka Tabungan BSI Junior jangan lupa membawa persyaratannya ya, yaitu :

    1. WNI

    - Fotokopi kartu keluarga

    - Fotokopi kartu identitas anak

    - NISN yang mencantumkan NIK anak

    2. WNA

    Paspor

    3. KTP/ Paspor/ orang tua wali 

    Itu yang tercantum di websitenya BSI ya teman-teman, tetapi pas saya membuka rekening diminta untuk menyerahkan fotokopi akta kelahiran juga. 

    Cara Membuka Tabungan BSI Junior
    sumber gambar : https://webform.bankbsi.co.id/catalog/debet/12


    Akad Wadiah

    Ketika teteh CS berjilbab cerah yang super ramah menyarankan untuk membuka tabungan BSI Junior dengan akad Wadiah, saya manut aja.

    Menurut penjelasannya tabungan BSI Junior dengan akad Wadiah yad-dhamanah adalah nasabah menitipkan dananya kepada bank dengan perincian sebagai berikut :

    1. bagi hasil atau bonus sesuai dengan kebijakan bank (tidak diberikan bonus)
    biaya administrasi gratis
    2. setoran awal Rp. 100.000
    3. saldo minimal Rp. 25.000
    4. biaya pembuatan kartu gratis
    5. biaya tutup rekening Rp. 20.000
    6. biaya dormant per bulan Rp. 5000
    7. biaya ganti buku Rp. 5000

    • Cara Membuka Tabungan BSI Junior

    Benefit dan Keunggulan

    Tabungan BSI Junior ini memiliki banyak keunggulan lho teman-teman

    1. Bebas biaya administrasi

    2. Produk terafiliasi dengan berbagai jenis pilihan kartu SABI Junior Debit: dengan design yang berbeda, bisa custom/ whitelabeling untuk keperluan co-branding

    3. Nama anak tertera pada buku tabungan dan SABI Junior Debit (CIF dan rekening atas nama anak)

    4. Gratis biaya pembuatan kartu

    5. BSI Mobile bersifat optional atas persetujuan orangtua/wali. Teman-teman jangan khawatir pembuatan akun BSI Mobilenya dibantuin kok sama CS-nya sampai selesai.

    6. Email atau SMS notifikasi ke HP orangtua

    Alhamdulillah urusan perbankan untuk si bungsu selesai sudah, dengan menyenangkan dan memuaskan. Semoga barokah ya De…..

    sumber : 

    https://webform.bankbsi.co.id/catalog/debet/12

  • You might also like

    21 comments:

    1. Wah, mudah banget menabung di BSI Junior ya Mbak? Jadi pengen coba juga nih. Terima kasih.

      ReplyDelete
    2. Cocok nih buat jadi tabungan anak, daripada nabung di sekolah tapi bodong kayak di berita-berita.

      ReplyDelete
    3. Duh, senang banget nih kalau sejak dini sudah kenal dengan literasi keuangan. Sebagai langkah awal kemandirian dalam urusan finansial. Semoga berkah selalu, ya, Kak buat anandanya.

      ReplyDelete
    4. Duh hebatnya si Adek, sudah mulai semangat mengatur keuangannya sendiri. Memiliki rekening sendiri memang perlu dipertimbangkan ya Mbak, terlebih jika anak sudah mulai paham dengan keuangan. Menarik juga ya ternyata menabung di BSI ada fasilitas bebas biaya admin dan gratis pembuatan kartu.

      ReplyDelete
    5. Senang pastinya adik udah punya tabungan sendiri
      Di Cianjur Selatan tempat saya tinggal jauh ke kantor cabang BSI. Harus ke kota kabupaten
      Semoga segera ada di setiap kecamatan atau wilayah terdekat

      ReplyDelete
    6. Waaah apa kupindahin kesini aja ya tabungannya anakku? Selama inii iseng aja nabung di sekolah hehe lumayan buat biaya masuk ke jenjang berikutnyaa gt dehh

      ReplyDelete
    7. Selamat buat si bungsu yang lolos SNBP di ITB, semoga lancar studinya, tercapai cita-citanya
      Btw, mudah ternyata buka rekening di BSI ya, meski masih BSI Junior...Tapi sebaiknya ganti ke BSI reguler kalau sudah punya KTP nanti. Karena tabungan junior biasanya semua dibatasi: pengambilan uang, besaran transfer dll.

      ReplyDelete
    8. Iya mba rencananya juga begitu. Nanti kalau sudah punya KTP mau dipindahkan

      ReplyDelete
    9. Jadi ingat masa-masa nanti anak2 satu satu sibuk dengan pendidikan yang jauh dari rumah. Bagus juga nih punya BSI Junior.

      ReplyDelete
    10. Ih gemes ya BSI ini produknya.. perlu banget nik anak2 kita punya yg satu ini

      ReplyDelete
    11. Barakallahu fiikum~
      Selamat atas kelulusan ananda dan diterimanya bersekolah di ITB.

      Semoga ananda bahagia belajarnya. Dan semakin merasa sepi yaa, kak Oemy.
      Tapi demi ananda menuntut ilmu, menggapai cita-cita. Semoga gak ada halangan apapun dalam prosesnya. Termasuk memenuhi kebutuhan hidup ananda dengan memiliki tabungan BSI Junior. Hati tenang ketika semuanya halal.

      ReplyDelete
    12. Jadi pengen juga buka tabungan junior buat dedek, aman lagi yaa bebas biaya admin, pilihan terbaik nih buat buka tabungan junior di BSI

      ReplyDelete
    13. Wah tidak terasa ya mbak anak-anak bertambah besar dan tiba-tiba harus berpisah karena melanjutkan kuliah ke kota lain, aku juga awalnya kehilangan dan kadang suka khawatir makannya teratur apa ngak, kalau telp ngak diangkat atau WA terlambat di balas tapi setelah masuk semester 5, udah terbiasa, yang penting anak-anak sudah terbiasa mengatur dan mengelola keuangan karena tugas orangtua hanya mengirim sejumlah dana untuk kebutuhan kuliah anak. Aku udah punya tabungan BSI Junior untuk anakku yang SD.

      ReplyDelete
    14. Wah kebetulan nih bisa buat nabung THR kalau pas lebaran biar ga habis buat jajan mulu. Jadi nanti kalau dia udah ngerti bisa diajarin lagi untuk mengelola tabungan

      ReplyDelete
    15. Wah mudah ya membuat tabungan BSI junior ini
      Kita bisa mengajari anak untik menabung di bank sejak dini ya

      ReplyDelete
    16. Memang sebaiknya anak punya tabungan pribadi sih. Iya walau untuk anak dibawah 17 tahun tetap pakai KTP orang tua. Mudah juga buat Tabungan BSI junior

      ReplyDelete
    17. Setoran awal murah ya kak. Bentar lagi si sulung juga sudah sekolah jauh, sepertinya harus siap siap buka rekening baru

      ReplyDelete
    18. BSI ini sudah ada dimana-mana ya dan banyak yang pakai juga, mamaku juga pakai BSI, bagus nih kalau ada tabungan BSI Junior yang bebas admin untuk anak-anak belajar menabung sejak dini

      ReplyDelete
    19. Anak usia 5 tahun apakah sudah bisa bikin tabungan Junior jugakah?? Sebab anak sy dari umur 3 tahun udah belajar nabung, tapi di Celengan.

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.