-->
  • IDN App : One Stop Content Platform untuk Milenial dan Gen Z Indonesia

     

    IDN : App One Stop Content Platform untuk Milenial dan Gen Z Indonesia

    Pagi ini rencananya, saya mau make over anggrek yang jadwalnya ter-cancel dari minggu kemarin. Gara-gara emak jadi pengacara, pengangguran banyak acara, ngurus ini dan itu. Tetapi sigeulis neng dendro, neng bulan, dan neng panda kayaknya harus kembali sabar menunggu.

    Ibunya temen sibungsu tadi malam mengirimkan chat, yang menginformasikan data warga Wajib Pemula usia 16 tahun dan Wajib KTP usia 17 tahun. Bagi yang belum melakukan perekaman per tanggal 31 Mei 2023, agar segera melakukan perekaman di kantor kecamatan.

    Chat tersebut juga disertai dengan lampiran file pdf sebanyak 13 halaman. Oh My God ternyata nama anakku termasuk Wajib Pemula usia 16 tahun. Duh hampir lupa. Thank you dear informasinya.

    IDN App One Stop Content Platform untuk Milenial dan Gen Z Indonesia
    Sumber gambar : merdeka.com

    Ade Bisa Nyoblos

    Kata si bungsu ketika dalam pelajaran menuju kantor kecamatan dengan sumringah. Rona bahagia tergambar jelas di wajahnya, mimpinya untuk ikut masuk ke bilik TPS akan segera terwujud tidak lama lagi. Tahun depan, ia tidak akan dilarang lagi oleh petugas karena usianya sudah mencukupi dan tentunya sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) wkwkwk.

    Perkataannya itu, diam-diam memantik sinyal waspada di dalam diriku yang tiba-tiba menyala. Saya harus memastikan anak-anak selalu mengkonsumsi berbagai informasi dari aplikasi baca berita   yang terpercaya. Agar mereka tidak terprovokasi dengan berita-berita hoax yang biasanya semakin banyak beranak pinak pada tahun politik.

    Tsunami Informasi

    Sebagai ibu dari dua orang remaja yang hidup dizaman yang serba digital seperti sekarang ini, dimana dunia tiada lagi memiliki sekat dan setiap orang mempunyai kebebasan berekspresi. Membuat pengguna internet yang 99,16% nya digunakan oleh kelompok umur 13-18 tahun kebanjiran informasi. Lebih parah lagi dari 43 ribu yang mengaku sebagai portal berita, tidak lebih dari 300 saja yang sudah terverifikasi.

    IDN : App One Stop Content Platform untuk Milenial dan Gen Z Indonesia
    Sumber gambar: Pinterest

    Mereka pastinya sangat sulit untuk memastikan mana berita yang benar dan mana yang bukan. Hal tersebut membuatku sangat khawatir, bagaimana pemilih pemula seperti anakku benar-benar bisa menentukan pilihannya dengan hati dan pikiran yang jernih.

    Padahal menurut KPU pada Pemilu tahun depan, pemilihnya didominasi oleh kaum milenial dan anak-anak gen Z.

    Oh No jangan dibiarkan, emak sebagai pewaris generasi (ceile) harus melakukan sesuatu.

    1. Menjadi Emak yang Mendengarkan

    Saya kadang gemes, kenapa sih anak-anak pada saat sudah remaja lebih dekat dengan temannya daripada dengan emaknya? (mode jealous on).

    Setelah membaca lusinan artikel, saya menjadi faham anak remaja itu ingin didengarkan pemikirannya, kata hatinya, dan pendapatnya. Mereka inginnya berdiskusi bukannya mendengarkan nasihat dari satu arah.   

    2. Menjadi Emak Melek Literasi Digital

    Agar bisa memahami anak-anak, saya juga harus mengetahui “mainan” mereka. Anak-anak milenial dan Gen Z sejak dini sudah akrab dengan namanya media sosial, media digital dan segala macam yang serba online. Jadi emak juga harus faham dunia itu agar diskusinya bisa nyambung dan seru. Rasanya sudah bukan zamannya lagi deh perempuan gagap teknologi.

    Ketika emak faham dunia mereka dan mendengarkan apa yang mereka inginkan dan rasakan. Tentu akan mudah mendeteksi ketika mereka mulai terpapar hal-hal yang tidak diinginkan seperti berita hoax. Selain itu kita juga bisa merekomendasikan channel-channel atau aplikasi baca berita yang aman buat mereka seperti IDN App.

    Saya pede merekomendasikan ini untuk my duo boys karena IDN App sudah saya unduh sejak tahun lalu. Baca Berita di IDN App seru jauh dari kata membosankan, jadi pasti anak-anak suka.

    IDN: App One Stop Content Platform untuk Milenial dan Gen Z Indonesia



    IDN App One Stop Content Platform untuk Milenial dan Gen Z Indonesia

    IDN App merupakan salah satu produk IDN media yang dirilis pada 18 Juni 2020. Sejak awal aplikasi baca berita ini didesain bukan hanya sekedar aplikasi berita biasa,  tetapi sebagai platform berbagi informasi dan ilmu pengetahuan bagi anak-anak muda.

    Hal ini terlihat dari berbagai fitur terbaru yang disuguhkan oleh aplikasi yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store ini, sesuai banget dengan tagline yang mereka usung yaitu the voice of milenial.

    1. Baca Artikel Sesuai Kategori

    Baca artikel di IDN tidak akan membuat riweuh mencari artikel yang sesuai dengan kebutuhan kita. Karena IDN telah membaginya kedalam beberapa kategori yaitu COZIMMOVING, GENZMEMILIH, QUIZ, BISNIS, NEWS, SPORT, TECH,HYPE, KOREA, LIFE, HEALTH, REGIONAL.

    2. Berita Politik TerVerifikasi

    Berita politik yang terverifikasi sangat dibutuhkan anak-anak milenial dan Gen Z, agar mereka tidak terpapar berita-berita bohong atau hoax yang kerap bermunculan pada saat genderang pesta demokrasi mulai ditabuh. Sehingga mereka sebagai pemilih pemula dapat menentukan pilihannya dengan cerdas dan analisa yang matang, demi masa depan bangsa dan negara.

    IDN menjawab kebutuhan itu berita-berita yang disajikan merupakan berita terbaru, berita terlengkap, tidak provokatif dan tidak membosankan. Namun dikemas dengan ringan tanpa mengurangi bobot beritanya.

    IDN: App One Stop Content Platform untuk Milenial dan Gen Z Indonesia

    3. Aplikasi Live Streaming dari IDN Times

    Hei buat kamu yang lagi mager tapi butuh hiburan di rumah nonton live streaming di IDN Live ini menghibur banget lho. Para live streamer di IDN ini setiap harinya hadir dengan beragam konten yang menarik mulai dari berbincang dengan artis, masak memasak, horor, nyanyi,  komedi dsb. Sesuai dengan keahlian para streamer.

    Lebih seru lagi nonton live streaming di Web Site Live Streaming IDN Times ini selain bisa berinteraksi dengan para streamer juga bisa dapat hadiah lho. Penonton juga bisa memberikan virtual gift buat para streamer sehingga mereka mendapatkan cuan yang banyak.

    IDN: App One Stop Content Platform untuk Milenial dan Gen Z Indonesia

    4. Quiz

    Selain live streaming-nya IDN Times juga mempunyai fitur lain yang sangat menghibur yaitu QUIZ.  Kamu bisa main tebak-tebakan dengan pertanyaan-pertanyaan  gemesin mulai dari kepribadian sampai percintaan. Seru kan?

    Dengan adanya IDN Times yang user friendly banget dan dapat diakses melalui Android maupun IOS baca berita terbaru bisa dimana saja. Tingkat Keamanan konten dan situsnya juga terjamin dengan sertifikasi COMODO membuat emak tenang dengan kecukupan gizi informasi untuk duo boys kesayangan.

    5. Referral Program IDN App

    Teman-teman sudah pada tahukah? di IDN App ada program baru lho yang bernama referral program. Referral program ini merupakan kesempatan yang diberikan oleh IDN kepada user lama, untuk mendapatkan reward dengan cara me-refer kode referral miliknya kepada orang-orang yang belum menggunakan IDN App. 

    Reward yang diberikan kepada referrer berupa point sedangkan hadiah untuk referee berupa gold. Mantap kan? yuk yuk ikut gabung di IDN App dengan menggunakan kode referralku ima.r1nx6rx siapa tahu dapat gold. 

    Sumber Kekuatan Baru Bukanlah Uang yang Berada Dalam Genggaman Tangan Beberapa Orang, Namun Informasi Ditangan Orang Banyak

    Jhon Naisbit

    (Penulis dan pembicara AS,1929)

     

  • You might also like

    15 comments:

    1. Aku pertama gabung di IDN tuh tahun 2018, ikutan workshopnya juga dan sempet jadi writer beberapa waktu dan udah pernah payout dari IDN juga alhamdulillah lumayanlah buat beli HP baru haha, masyaAllah jadi keinget masa2 itu, eh skrg udah ada Appnya yaa..

      ReplyDelete
    2. Udah artikel ttg IDN ke berapa ya ini yang udah aku baca dan komen hahahaha. Intinyaaaaa, IDN ini aplikasi paling nggak ribet buat cari info2 terkini :-D

      ReplyDelete
    3. IDN terbukti sebagai artikel aplikasi berita yang terpercaya dan beritanya update , cara nulisnya juga bagus jadi nyaman dibaca

      ReplyDelete
    4. Sama Mbak, anak sulungku tahun depan juga dah jadi pemilih pemula, senang banget dia terdaftar di DPT
      Btw, setuju aku, IDN menjawab kebutuhan akan berita terbaru, terlengkap, tidak provokatif, tidak bikin bosan,dikemas ringan tanpa mengurangi bobot beritanya.

      ReplyDelete
    5. Tsunami informasi nih bahaya, kalau tidak pandai memilih bisa keblenger sendiri. IDN App insya Allah artikelnya juga sudah terkurasi

      ReplyDelete
    6. IDN App ini emang One Stop Content Platform untuk Milenial dan Gen Z Indonesia ya mbak
      Sumber informasi dan hiburan

      ReplyDelete
    7. Wah jadi pingin juga install aplikasinya apalagi bisa menghasilkan cuan.. wah jadi pingin banget deh

      ReplyDelete
    8. ini beneran seruuuu sih
      IDN app penuh faedah utk kita semua ya

      sukaakkkk bgt

      ReplyDelete
    9. Apalagi mau pemilu begini, harus selektif banget pilih saluran berita ya. semoga IDN makin independen dan banyak fiturnya yaa

      ReplyDelete
    10. Setuju sekali Mbak, di tahun-tahun politik ini, mencari sumber berita yang kredibel itu berat rasanya. Makanya memang kita harus pintar-pintar memilah informasi ya. Aplikasi seperti IDN bisa jadi salah satu solusinya nih untuk mendapatkan info-info terkini yang sudah melalui serangkaian tahapan crosscheck sebelum tayang.

      ReplyDelete
    11. Sekarang ini berita sudah jadi kebutuhan ya. Jadi kita juga perlu menyaring berita untuk diri dan anak anak. Kalau sampai ketelan berita hoax jadi rusuh kan bahaya.

      ReplyDelete
    12. Di era digital ini, emak ngak boleh ketinggalan berita karena sudah ada aplikasi baca berita IDN App yang memiliki banyak fitur sehingga tidak hanya baca berita tapi juga mengakses hiburan.

      ReplyDelete
    13. Belum terlalu familiar dengan streaming idn sih cuma aku termasuk yg suka isi quiz.y, unik aja gitu

      ReplyDelete
    14. Hihi... aku banget nih..
      Gak tau kenapa, IDN tuh tau banget kalo aku suka main kan ya.. Jadi yang di berandaku suka nongol quiz IDN. Dan selalu ikutan main. Sesederhana itu uda bikin happy. Belum lagi informasi yang disediakan, sesuai fakta dengan bahasa yang mudah dipahami.

      ReplyDelete
    15. Kita hidup di era teknologi serba canggih ya mbak sehingga adanya aplikasi baca berita IDN App ini membuat wawasan juga makin bertambah.

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.