-->
  • Rapijali 3 : Kembali Karya terbaru Dee Lestari

    Rapijali 3 : Kembali

    Rapijali 3 : Kembali adalah karya terbaru Dee Lestari yang merupakan gerbang akhir serial Rapijali. Buku berwarna lembayung langit ini sedang memanen buah kesabarannya setelah tertidur hampir 27 tahun. Serial Rapijali mendapatkan perlakuan lebih istimewa dibanding karya Dee Lestari sebelumnya, selain dirilis dalam bentuk cerbung sebelum menemui pembaca dalam bentuk fisik. 

    Penulis juga menghadirkan Rapijali Book Soundtrack yang berisi lagu-lagu karangan Pedro, Rakai, Ping, dan Yuda. Sehingga benar-benar dapat dinikmati penggemar Rapijali,bukan hanya sekedar cangkang kosong. Keduanya menjadi dua karya mandiri yang saling melengkapi.


                     Review Rapijali 2 : Menjadi

    Keren kan? Sependek pengalaman membaca saya, rasanya belum pernah  baca novel bisa sambil dengerin lagu yang bukan hanya relate tetapi persis dengan deskripsi yang ada dicerita. Membuat imajinasi semakin utuh membayangkan adegan demi adegan sepanjang kisah.


    Geng Rapijali Apa Kabar?

    Dalam serial terakhirnya, anak-anak band Rapijali diceritakan telah delapan tahun lulus SMA meninggalkan Pradipa Bangsa. Mereka tidak lagi bersama, sibuk dengan karir masing-masing. Band Rapijali hanya tinggal nama, yang dipahat pada lempengan logam di pintu Musro (music room) tempat mereka berlatih di Pradipa Bangsa.

    PING

    Lovinka Alexander kini dikenal sebagai penyanyi papan atas Indonesia, dinaungi perusahaan rekaman yang di gawangi oleh Pedro Mauressi. Lelaki ganteng, yang pesonanya sempat membuat Ping terpikat dan terikat. Tetapi dibalik hingar bingar panggung pertunjukan, ditengah ratusan orang yang berada disekelilingnya. Dalam lingkaran terdalam hatinya, mojang Batu Karas ini merasa “sendiri” sehingga panic attack kerap menghampirinya.

    Keadaan tersebut membuat karirnya di ujung tanduk, satu persatu sponsor mengundurkan diri bahkan konser tunggalnya terancam batal. Hal tersebut memaksa Ping untuk berkonsultasi dengan seorang psikolog demi mengurai permasalahan, demi membangun kembali jembatan dengan orang-orang  terdekatnya.

    RAKAI

    Ini nih yang paling pangling , paling drastis perubahannya. Rakai yang dulu takut air, kini ia dikenal sebagai atlet olahraga yang diciptakan oleh Scott Tinley pada tahun 1920-an. Olahraga ini dikenal dengan nama Triathlon atau tri lomba yang terdiri dari renang, balap sepeda dan lari.

    Anak yang sangat sayang kepada ibunya ini, sekarang harus terlibat konflik dengan sang mama yang dipicu oleh kehadiran seseorang yang pada masa lampau begitu diimpikan kehadirannya siang dan malam. Bukan itu saja, orang itu telah menjebol benteng yang dibangun Rakai selama bertahun-bertahun. Sehingga privacy-nya terekspos begitu saja di hadapan Leonard Hertanto sosok yang membuat Rakai selalu merasa imperior.

    JEMI

    Putri bungsu keluarga Hertanto berwajah boneka ini, sempat menolak meninggalkan Boston ketika ibunya, Melati, menyuruh pulang ke Indonesia. Karena sebuah ramalan yang menurutnya tidak masuk akal.

    Setelah di lobby oleh Dahlia, akhirnya Jemi mau pulang ke Indonesia dan tinggal di Jakarta bersama keluarganya hanya sampai akhir tahun. Ayahnya tidak mengerti dengan jalan pikiran Jemi, yang selama ini selalu bersikap manis dan membanggakan bagi keluarga dengan berbagai prestasi akademik yang berhasil diraihnya. Hal tersebut membuat mereka berada pada kutub yang bersebrangan.


    ANDRE

    Mungkin hanya dia nih yang kehidupannya tidak banyak berubah setelah delapan tahun berlalu. Perubahan yang paling signifikan Buto, panggilan kesayangan teman-temannya, berhasil mendapatkan hati Andrea dan menjadi seorang lawywer andal sebagaimana babehnya.

    INGGIL

    Diantara anggota geng Rapijali, cuma Inggil deh kayaknya yang sangat cair bisa berkomunikasi dengan semua geng Rapijali tanpa rasa rikuh apalagi baper. Anak yang mentasbihkan dirinya sebagai coach Rakai ini kini telah sukses di industri keuangan dan tetap setia kepada Meta. Satu-satunya masalah yang dihadapi Inggil adalah menaklukan hati bapaknya agar mau meninggalkan Gang Bahari.  

    LODEH

    Vokalis band Rapijali ini walaupun memiliki suara yahud, tetapi tidak seperti Ping yang mempunyai kemampuan mencipta lagu sendiri yang menyokong keberhasilan karirnya di dunia tarik suara. Lodeh sangat tergantung kepada orang lain, setelah berhasil menelurkan dua album karirnya mula meredup.

    Celakanya lagi ditengah kesulitan ekonomi yang melanda keluarganya,  Lodeh terjerumus ke dalam dunia narkoba yang membuatnya harus berurusan dengan pihak kepolisian.

    ODING

    Ini bukan geng Rapijali ya teman-teman, tetapi si kasep yang jago berselancar ini tidak bisa dipisahkan dari anak-anak band jebolan kompetisi Band Idola Indonesia yang diadakan oleh TVRI itu. Kehidupan Oding dengan Ping tidak pernah dapat dipisahkan.

    Sempat degdegan waktu Oding dinyatakan hilang di Sungai Kampar Riau waktu lagi  coba naikin ombak Bono dalam festival tahunan Bekudo Bono di Desa Teluk Meranti. Mang Acep, ayahnya Oding, dan tim Sar sudah hampir menyerah. Setelah dua hari pencarian tidak membuahkan hasil. Tapi tidak dengan Ping. Dia yakin, Oding yang sedari kecil hidup dan besar di laut tidak akan begitu saja ditumbangkan oleh air.

    Rapijali 3 :kembali

    Kata-Kata yang tidak Biasa

    Rapijali 3 ini mengandung lebih banyak bawang dibanding dengan serial sebelumnya, jadi banyakin tisyu ya kalau baca novel yang menyajikan drama rumit dengan tokoh yang cukup banyak ini.Terutama ketika Ping menemui Guntur di rumah mantan calon gubernur itu, lebih top lagi kalau kalian bacanya sambil dengerin lagunya duh duh duh dijamin makin termehek-mehek deh.

    Penulis menghadirkan konflik yang di hadapi setiap tokoh dari halaman pertama, memainkan emosi pembaca begitu rupa dengan diksi yang luar biasa yang  kadang bikin mesem-mesem kadang berurai air mata dengan begitu banyak kejutan yang membuat hati berbunga-bunga.

    Mamak author pun menggunakan  beberapa diksi yang kurang familiar bagi saya, setelah di cek ternyata ada lho di KBBI. Mau tahu apa aja? Saya bisikin ya…

    -                  - Tergemap yang berarti tercengang; tertegun; kaget dan bingung

       - Salindia yang mempunyai dua arti yaitu

    a. terawang fotografi pada pelat kaca tipis yang diatur agar dapat diproyeksikan
    b. tayangan yang menampilkan teks, gambar, suara, atau video, digunakan 
    keperluan presentasi.

    Akankah Rapijali manggung lagi?

     

    Judul Buku : Rapijali 3: Kembali | Penulis : Dee Lestari | Penerbit : Bentang | Tahun Terbit : 2021, Cetakan Pertama Desember | ISBN : 978-602- 291-866- 0 | Harga : Rp. 169.000 (Pulau Jawa)

  • You might also like

    20 comments:

    1. Keren ih mom rajin nulis begini 😍

      ReplyDelete
    2. Tulisan Dee Lestari emang gak pernah gagal ya. Selalu seru 😍

      ReplyDelete
    3. Swru bgt nih bukunyaa, mau nyoba nyari ahh

      ReplyDelete
    4. seru novelnya jadi pengen baca lengkapnya

      ReplyDelete
    5. Bagus banget nih. Buat yang oenasaran boleh dong beli bukunya

      ReplyDelete
    6. Menarik, karya dee lestari selalu menarik karena penggunaan bahasanya yang banyak menggunakan istilah sains. Apa di karya ini juga begitu?

      ReplyDelete
      Replies
      1. enggak terlalu di buku ini karena genre populer kali ya...

        Delete
    7. Novelnya keren banget mom... jadi penasaran deh, kepengen baca selengkapnya

      ReplyDelete
    8. Dee Lestari emang salahsatu penulis favorit, novel nya selalu keren 😍

      ReplyDelete
    9. Seru mom, jadi pgn baca lengkapny

      ReplyDelete
    10. Suka banget dengan bahasa review-nya, Mom.

      Seru ya Rapijali ini, aku baru tahu kalau Rapijali itu nama band. Sering lihat bukunya lewat di timeline.

      ReplyDelete
    11. Bagus juga nih bukunya

      ReplyDelete
    12. novelnya dee lestari pasti seru ya 😍

      ReplyDelete
    13. Bukunya dee lestari mah gak usah diragukan, psr seru 🤩

      ReplyDelete
    14. seneng baca-bacanya mom ❤️

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.