-->
  • Mimpi Alfa Edison

     


    Alfa menjadi rebutan orang-orang sakti Siganjur Mula yang ingin mengangkatnya menjadi murid, Setelah kedatangan Si Jaga Portibi di rumah keluarga Sagala dalam Upacara pemanggilan Roh Raja Uti. Menurut Nai Gomgom, kehadiran Si Jaga Portibi dalam upacara tersebut sebagai pertanda bahwa Alfa sedang berada dalam ancaman. Karena makhluk astral tersebut tugasnya adalah untuk menjaga Alfa.

    Sejak kejadian tersebut, Alfa menderita penyakit gangguan tidur selama bertahun-tahun. Baginya tidur adalah pertaruhan nyawa, ia selalu bermimpi berjalan di lorong-lorong gelap yang menghimpitnya hingga tak bisa bernafas. Untuk memenuhi kebutuhan tidurnya ia memilih beristirahat dengan periode singkat atau power nap.

    Biasanya Alfa melakukan power nap, pada siang hari di sela-sela aktifitasnya. Mungkin karena durasi tidurnya yang hanya 20-30 menit jadi Alfa tidak masuk ke dalam dunia mimpi yang mengerikan. Walaupun singkat, tidur dengan metode power nap ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan lho diantaranya bisa meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas dan meningkatkan energi.

    Dan terbukti  Alfa  tidak mempunyai gangguan kesehatan apapun, oleh karena dia tidak pernah ingin mengobati gangguan tidurnya. Alfa juga anak jenius bisa lolos seleksi masuk 3 perguruan tinggi kenamaan di AS.

    Tetapi, pertemuannya dengan Ishtar perempuan cantik berambut cokelat di hotel Peninsula, membawa Alfa pada sebuah klinik gangguan tidur dan bertemu dengan dokter imut penyuka permen loly. Dari sana ekspatriat yang sukses di negara Paman Sam ini, memulai petualangan untuk menguak misteri mimpinya sampai ke Tibet untuk bertemu dengan Dr. Kalden dan di Sungai Yarlung Tsangpo jawabannya mulai terkuak.

    Novel ini adalah seri kelima Supernova, penulis @deelestari sangat pandai menabur remah-remah yang menghubungkan satu seri dengan seri yang lainnya, cerita terbungkus dengan apik tanpa ada missing link yang bikin bete. Seperti biasa novel-novel Mak Suri risetnya selalu juara, kali ini mengangkat kepercayaan suku Batak dan mitologinya sepanjang cerita.

    Menurut kepercayaan asli batak, alam semesta ini terbagi menjadi tiga. Banua Ginjang, alam atas adalah tempat awal mula segalanya. Banua Tonga adalah alam manusia dan segala kehidupan di bumi ini. Alam terakhir adalah Banua toru, yaitu alam bawah (hal 47). Menurut Ompu Togu Urat, Si Jaga Portibi adalah makhluk yang berasal dari Banua Ginjang tempat bersemayamnya Mula Jadi Na bolon, Sang Sumber, yang oleh-Nya semua ini tercipta dan semua ini adalah Dia. Keterangan orang tua semakin membuat Alfa bertanya-tanya.

    Gelombang juga mengajarkan semangat kerja keras untuk terus mengejar mimpi tanpa rasa takut. Menghadapi berbagai masalah  dengan kepala tegak yang dirangkai dalam satu rangkaian cerita yang kadang bikin tegang juga penasaran.

    Untuk menghubungkan dengan sekuel sebelumnya , novel yang terdiri dari dua keping ini yaitu tipu daya ruang waktu dan gelombang. Diawali dengan kisah Gio yang memutuskan untuk menghentikan pencarian Diva yang hilang di belantara hutan Peru. Gio merasa kekasihnya telah terkena sentuhan hutan yang dapat mengubah seseorang dalam satu sentuhan seperti yang difahaminya.

     

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.