-->
  • 2 Buku Nonfiksi Karya Dee Lestari yang Wajib Kamu Baca

     

    2 Buku Nonfiksi Karya Dee Lestari

    Diantara sederet penulis perempuan keren Indonesia, sepertinya hanya karya Dee Lestari yang saya koleksi secara lengkap. Mulai dari serial Supernova sampai Rapijali.

    Walaupun saya baru membaca karya penulis yang tergabung dalam grup vokal RSD ini pada tahun 2019. Pada saat komunitas baca yang saya ikuti mendatangkan Dee Lestari, untuk membedah karya terbarunya yaitu Aroma Karsa.

    Kisah yang dirangkai dengan diksi-diksi yang indah dalam Aroma Karsa,  membuat saya terpesona. Sehingga penasaran ingin membaca karya-karya lainnya. Ternyata guys, Dee Lestari tidak hanya piawai menulis cerita fiksi, diantara sekian banyak novelnya yang selalu best seller terdapat dua karya non-fiksi yang tidak kalah menariknya.

    2 Buku Nonfiksi Karya Dee Lestari


    Dibalik Tirai Aroma Karsa

    Buku ini bisa disebut  cerita dibalik layar proses penulisan Aroma Karsa. Mulai dari awal menemukan inspirasi ketika mengikuti sebuah kelas kepenulisan daring dari Steve Alcorn.

    Pada salah satu segmen kelas kepenulisan tersebut, sang mentor membahas bagaimana indra penciuman  mempunyai efek secara langsung dalam menstimulasi imajinasi pembaca.

    Buku ini juga dijadikan sarana oleh Dee Lestari untuk menjawab pertanyaan yang sering dilontarkan kepadanya, sejak proyek penulisan novel bertema aroma ini diumumkan. Yaitu apakah Aroma Karsa terinsfirasi oleh novel Perfume?

    Jujurly  pertanyaan itu sempat juga terlintas dalam pikiran saya, ketika selesai membaca novel ini. “Naha mirip?” kata saya waktu itu.

    2 Buku Nonfiksi Karya Dee Lestari


    Demi menghasilkan sebuah jalinan cerita yang keren dan mendalami karakter
     tokohnya. Dee Lestari melakukan berbagai riset dengan mendatangi berbagai tempat, diantaranya:

    1. Mengikuti kursus meracik parfum di Nose Who Knows (NWK) yang berkedudukan di Singapura.

    Ternyata guys untuk menghasilkan aroma parfum yang pas, penyusunan komposisinya mirip banget dengan menyusun komposisi musik yang terdiri dari not atas, not tengah, not bawah, serta karakteristik masing-masing not.

    2. TPA Bantar Gebang

    Ho ho sudah kutebak sih, pastinya tempat ini menjadi wajib dikunjungi oleh penulis. Enggak heran deh, deskripsinya begitu mendetail dan terasa sangat nyata. Saya kira di Bantar Gebang ada jembatan yang dilapisi oleh kasur itu, hanya rekaan penulis saja agar ceritanya lebih dramatis mengenai tempat ini. No no no itu nyata adanya.

    2 Buku Nonfiksi Karya Dee Lestari


    3. Pabrik Mustika Ratu di Ciracas

    Tradisi perawatan tubuh dan kecantikan keraton yang menjadi kebutuhan cerita Aroma Karsa, membawa langkah ibu dua anak ini ke pabrik Mustika Ratu untuk memperoleh gambaran tentang pengolahan berbagai bahan alam menjadi sebuah produk wewangian dan perawatan tubuh. Serta deskripsi mengenai suasana pabrik, kantor dan lingkungan sekitarnya.

    4. Gunung Lawu

    Gunung Lawu dijadikan sebagai tempat ditemukannya bunga Puspa Karsa dalam cerita Aroma Karsa, bukan tanpa alasan. Gunung yang termasuk dalam deretan gunung tertinggi di Pulau Jawa ini   memiliki segudang misteri, jadi cocok banget dengan suasana yang ingin ditampilkan dalam cerita ini.

    Menyimak proses riset, penulisan, dan berbagai printilan lainnya yang tidak kalah penting dalam proses kelahiran novel setebal 700-an halaman itu rasanya peribahasa ini cukup mewakili. Tidak ada usaha yang menghianati hasil. Pantes Aroma Karsa jadi sebuah karya yang keren banget.

    2 Buku Nonfiksi Karya Dee Lestari


    Rantai Tak Putus

    Rantai Tak Putus merupakan buku non-fiksi pertama karya Dee lestari di luar dunia kepenulisan. Buku bersampul biru langit ini bercerita tentang kiprah Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) dalam membina roda penggerak ekonomi bangsa yaitu UMKM.

    Kebanyakan UMKM, menjalankan usahanya hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa ada perencanaan dan visi yang jelas. Oleh karena itu YDBA memberikan ilmu sehingga mereka dapat berkembang menjadi lebih besar.



    Setidaknya terdapat tiga komponen yang disiapkan oleh YDBA dalam programnya, yaitu :

    1. Para carrier yaitu fasilitator dan pemberdaya muda yang menjadi ujung tombak perpanjangan visi YDBA.

    2. Konten roadmap yang kemudian diwariskan kepada UMKM

    3. Para pendukung, yaitu mereka yang menjemput hasil kerja jeras UMKM sekaligus menjadi bagian integral dari ujian kenaikan kelas UMKM.

    Walaupun buku ini non fiksi, kelihaian Dee Lestari mengungkap cerita sukses para UMKM YDBA disajikan kepada pembaca dengan sangat menarik. Berbagai fakta dan ilmu kewirausahaan dipaparkan dengan sangat luwes, sehingga jauh dari kata bosan untuk membalik halaman demi halaman hingga akhir.

  • You might also like

    21 comments:

    1. Bagus bgt karya2 Dee ini.
      No wonder banyak penikmat karya Dee ya
      Karena berkualitas bgt

      ReplyDelete
    2. Baru tahu kalau Aroma Karsa ada buku Behind The Scene-nya. Aroma Karsa adalah novel favorit saya dari Dee Lestari. Keren banget memang penulis satu ini.

      ReplyDelete
    3. pinjem Mbak Oemy bukunya hahaha. rasanya kalau deket pengen kubaca buku-buku mu itu deh mbak

      ReplyDelete
    4. Suka banget dengan buku karya Dee Lestari, tapi beberapa belum sempat baca padahal isinya serta ceritanya bagus-bagus, termasuk buku Aroma Karsa, meskipun tahu tapi belum sempat membacanya. Harus masuk list buku yang kudu dibaca tahun ini nih.

      ReplyDelete
    5. Dee Lestari untuk totalitas bener berkarya, mau fiksi maupun non fiksi ayo aja. Saya punya beberapa bukunya dan beneran dibuat terpana!

      ReplyDelete
    6. Belum punya buku-buku karya Dee Lestari, tapi udah sering baca2 artikel terkait tentang beliau. Hal yang paling waw menurutku, Dee Lestari selalu menjadikan riset sebagai kebutuhan sekunder dalam karya-karyanya. Jadi, karyanya terkesan nyata dan dapat membius pembaca. Ah, sepertinya akuharus melahap semua karya-karyanya nih, nabung dulu aaah

      ReplyDelete
    7. Saya jadi penasaran pingin baca dua koleksi non fiksi Mbak Dee Lestari ini. Udah kebayang, pastinya disajikan dengan non fiksi kreatif yang enak dibaca dan nggak bikin jenuh.

      ReplyDelete
    8. Waduh aku baru tau kalau mba dee lestari punya buku non fiksi. Tapi baik nonfiksi maupun fiksi seingatku belum ada yg pernah aku baca bener2, cuma liat kutipan singkatnya aja di media, soal.y belim punya bucunya. Padahal supernova beken banget tuh hiks

      ReplyDelete
    9. Tertarik sama Aroma Karsa yang dulu sempat dituduh plagiat novel Perfume nih

      ReplyDelete
    10. wah saya baru tahu ada buku di balik tirai aroma karsa ini. meski tidak mengoleksi semua bukunya, saya termasuk yang selalu mengikuti novel-novel Dee Lestari ini karena memang bagus banget nulisnya. terakhir saya baca bukunya yang rapijali itu

      ReplyDelete
    11. Aku dah baca yang Rantai Tak Putus itu bener2 bagus sih, dan sampai skrg masih keinget banget isinya gimana, banyak quotes yang bisa kasih semangat kita jugaa

      ReplyDelete
    12. Terima kasih rekomendasi nya mbak ... semoga ada waktu buat cari dan baca

      ReplyDelete
    13. Buku yang ditulis dengan riset dan totalitas, hasilnya pasti bagus ya. Apa kabar aku yang kalau cita cita mau jadi penulis tapi banyak alasan, huhuhu.

      ReplyDelete
    14. Buku-buku yang beliau tulis dengan totalitas ya. Rekomen banget untuk dibaca. Aku baru baca beberapa judul bukunya. Yang nonfiksi ini beda dari buku dee lestari yang lain ya

      ReplyDelete
    15. saya juga penikmat karya-karyanya mba Dee.. suka sekali dengan pemilihan diksi Dan gaya bertuturnya Dan sangat penasaran dengan aroma karsa 😇 mudah-mudahan kesampaian buat memiliki karya Dee terbaru

      ReplyDelete
    16. Kak Oemy bookwarm beneran euii.
      Rasanya seneng liat koleksi novel Dee Lestari berjajar begitu..
      Lengkap banget dan memang Dee Lestari kece banget sih kalau riset untuk novelnya. Meski aku belum membaca 2 judul buku di atas, aku terkenang banget dengan "Madre".

      ReplyDelete
    17. Karya Dee tuh nggak pernah gagal ya, selalu KEREN! Aroma Karsa ini juga salah satu novel favorit setelah series Supernova yang epic! Dan ini ada buku yang berisi behind the scene-nya ya, jadi penasaran juga gimana proses kreatifnya Dee untuk menghasilkan karya yg super keren.

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.