Monday, August 22, 2022

Evolusi Perayaan Indonesia Merdeka

 

Bagi Bangsa Indonesia,  Agustus adalah bulan spesial. Pada bulan ini, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia bebas dari belenggu penjajahan. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Mahakuasa, seluruh rakyat menyambut dengan gembira dan penuh antusias perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) setiap tahunnya.

Dari awal bulan sudah terasa kemeriahan itu, setiap warga dengan bergotong royong ramai-ramai mempercantik kampungnya.  Jalan-jalan dihiasi dengan umbul-umbul aneka warna,  mengecat gang dengan nuansa merah putih, dan memasang gapura bertema kemerdekaan.

Bahkan warga di Jalan Ampera Barat kota Tasikmalaya, selain memasang bendera merah putih di depan rumah juga menghiasi pilar-pilarnya dengan lampu kelap kelip. Sehingga suasana malam terasa lebih meriah.

Selain itu, warga juga menyiapkan sederet acara khas yang digelar pada tanggal 17 Agustus. Mulai dari berbagai permainan yang melibatkan seluruh warga, pawai budaya, panggung musik, sampai tablig akbar.

Tapi by the way sejak kapan sih, tradisi menyambut hari kemerdekaan itu mulai diadakan? Apakah sejak tahun 1945?

A. Tradisi Merayakan Hari Kemerdekaan

Perayaan HUT RI mulai diadakan, lima tahun sejak Indonesia merdeka yaitu tahun 1950. Kenapa? Karena begini ya teman-teman, walaupun secara de facto Indonesia telah merdeka. Ditandai dengan dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Bung Karno. Namun, secara de jure kemerdekaannya belum diakui. Pihak-pihak yang tidak rela Indonesia merdeka berusaha menggagalkannya, dengan cara melakukan agresi militer maupun secara diplomasi. 

Salah satunya Indonesia harus menyerahkan kedaulatannya sebagai negara kesatuan, dan menjadi negara berbentuk federal yaitu RIS. Berdasarkan hasil kesepakatan Konferensi MeJa Bundar yang diadakan di Den Haag, pada tanggal 23 Agustus 1949 sampai 2 November 1949. RIS membagi wilayah Indonesia menjadi 7 negara bagian dan 9 daerah otonom.

Namun sebagian besar masyarakat Indonesia sejak awal menolak bentuk negara federal, karena dianggap sebagai warisan kolonial dan negara bagian rentan untuk memisahkan diri. Oleh karena itu, seluruh negara bagian dan daerah otonom pada akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Negara Republik Indonesia.

Pembubaran RIS secara resmi dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1950, bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang kelima. Hari raya kemerdekaan yang sangat spesial, dimana bangsa Indonesia benar-benar terlepas dari belenggu penjajahan.

Momen kebebasan yang disambut rakyat dengan gegap gempita dan penuh kebahagiaan ini ditandai oleh dua peristiwa yaitu:

1. Peristiwa Politik

Ir. Soekarno pada tanggal 15 Agustus 1950 di Yogyakarta, menerima kembali mandat sebagai Presiden Republik Indonesia dari Mr. Asaat yang menjabat sebagai Acting Presiden Republik Indonesia pada masa RIS. Pada saat yang bersamaan, Drs. Mohammad Hatta juga menyerahkan jabatannya sebagai perdana mentri di Jakarta kepada Ir. Soekarno.

2. Peristiwa Sosial

Untuk pertama kalinya pemerintah menggelar serangkaian acara untuk menyambut hari kemerdekaan, yang diawali dengan pembentukan panitia perencanaan peringatan kemerdekaan RI ke 5. Panitia itu terdiri dari beberapa perkumpulan, organisasi kepanduan, dan organisasi olahraga.

Acara yang dihelat dalam perayaan pertama HUT RI  tahun 1950 adalah :

a. Upacara Kemerdekaan di Istana Negara

Seandainya pada saat itu sudah ada internet cepat yang dipersembahkan IndiHome dari Telkom Grup, upacara ini pasti viral banget. Kebayang dong bagaimana antusiasnya masyarakat, mengabadikan detik demi detik dan membagikannya secara live melalui media sosial masing-masing. Ketika sang merah putih dengan gagah berkibar di langit Indonesia setelah lima tahun absen.

Walaupun acara ini disosialisasikan lewat media belum secanggih sekarang. Upacara kemerdekaan pertama ini mampu menyedot atensi 200 ribu rakyat Indonesia, untuk menyaksikan secara langsung acara inti dari Pekan Kemerdekaan Indonesia.


Sumber: Alinea.id (2019)
Pamplet perayaan HUT RI tahun 1950

b. Pawai Rakyat

Di Jakarta iring-iringan yang diadakan  pertama kali sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945 ini, digelar pada pukul 10.25 Wib, selepas upacara kemerdekaan. Dengan menyusuri sejumlah ruas jalan utama di Jakarta.

Sumber: Alinea.id (2019)
Semarak pawai dan lomba peringatan kemerdekaan tempo dulu
c. Perlombaan-perlombaan

Perlombaan yang diselenggarakan pada tahun 1950 terdiri dari perlombaan berbagai cabang olahraga, lomba mengarang bertema 17 Agustus bagi pelajar SD sampai perguruan tinggi, lomba membuat gapura

d. Aksi sosial

Aksi sosial ini berupa pemberian penghargaan kepada keluarga korban yang gugur berupa pemberian pakaian, pendirian taman bacaan, pemberian santunan berupa uang bantuan pendidikan, pemberian bantuan kepada sekolah-sekolah, dan mendirikan lembaga untuk menampung pengangguran.

 

B. Makna Dibalik Lomba Agustusan

Jika pada perayaan kemerdekaan Indonesia tahun 1950 dimeriahkan dengan berbagai perlombaan olahraga. Pada tahun-tahun berikutnya, perayaan kemerdekaan dimeriahkan dengan perlombaan-perlombaan khas agustusan yang memiliki nilai-nilai luhur yaitu:

1. Panjat Pinang

Sesuai dengan namanya, lomba ini adalah lomba memanjat pohon pinang yang telah dilumuri oli untuk meraih hadiah yang digantung pada pucuk pohon. Pada zaman Belanda, permainan yang disebut dengan Klimmast ini, diadakan setiap tanggal 31 Agustus untuk memperingati kelahiran Ratu Wilhelmina.

Pada saat itu, permainan ini biasanya berhadiah sembako dan pesertanya adalah penduduk pribumi yang hidup serba susah.  Sehingga untuk memenuhi kebutuhannya, mereka rela tergelincir bahkan terjatuh berkali-kali.

Tetapi pada perkembangan selanjutnya, lomba yang paling ditunggu-tunggu dalam Pekan Kemerdekaan Indonesia ini lebih banyak menggunakan pohon bambu, karena lebih ringan untuk dibawa dan harganya lebih murah. Hadiahnya pun sangat menarik dan beragam, bahkan ada yang berhadiah TV, kulkas, sepeda dll.

Dibalik keseruannya, sekarang lomba panjat pinang dimaknai sebagai upaya untuk mewariskan semangat kebangsaan. Melalui kerja keras dan semangat berkolaborasi dalam meraih cita-cita.

Sumber: Pinterest (2021) dan kompas.com (2019)
Lomba panjat pinang (kiri) tahun 1921 dan (kanan) tahun 2019

 2. Balap Karung

Jika lomba panjat pinang hanya bisa diikuti oleh orang-orang yang memiliki keberanian dan skill memanjat di atas rata-rata. Lomba balap karung bisa diikuti oleh semua orang, dari anak-anak sampai dewasa untuk ikut memeriahkan Pekan Kemerdekaan Indonesia.

Lomba ini, kayaknya paling sering saya ikuti sejak zaman sekolah dulu. Soalnya paling mudah wkwkwk,  tinggal memasukan kaki ke dalam karung goni kemudian loncat-loncat beberapa meter sampai garis finish yang ditentukan oleh panitia.

Sekarang biar bertambah seru, lomba yang dimaksudkan untuk mengenang penderitaan rakyat pada masa penjajahan Jepang. Dimana pada masa itu rakyat Indonesia menderita kelaparan dan kekurangan sandang, akibat kekalahan negara matahari terbit dalam Perang Dunia II dan Perang Asia Timur Raya.  Saya lihat di media sosial yang tidak pernah buffering berkat internet cepat IndiHome, telah banyak dimodifikasi diantaranya dengan menggunakan helm dan menggunakan karung plastik.

Sumber: jogjaupdate (2021) dan suara.com (2020)
Lomba balap karung (kiri) tempo dulu dan (kanan) tahun 2020

3. Lomba Makan Kerupuk

Lomba yang tidak kalah seru dan ditunggu-tunggu dalam Pekan Kemerdekaan Indonesia adalah lomba makan kerupuk. Tapi jangan menganggap permainan untuk mengenang para pejuang yang menderita dan harus makan seadanya ini, kurang menantang ya teman-teman. Makan kerupuk  yang digantung pada seutas tali, dengan posisi tangan berada dipunggung itu tidak mudah lho.

Sumber: sobatlima.com (2021) dan  bobogrid.com (2019)
Lomba makan kerupuk (kiri) tempo dulu dan (kanan) tahun 2021

C. Merayakan Keberagaman dengan Internet Cepat IndiHome

Pekan kemerdekaan Indonesia, selain dimeriahkan dengan perlombaan khas agustusan di atas. Juga dimeriahkan dengan berbagai acara dan permainan khas, sesuai dengan kearifan lokal masing-masing.

Misalnya di Jawa Barat, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta dan dalam rangka menyambut HUT RI diadakan pawai Jampana. Kalau di Banjarmasin yang terkenal dengan julukan Kota Seribu Sungai, dalam rangka memeriahkan Pekan KemerdekaanIndonesia. Sejak tahun 1924 rutin menggelar lomba perahu naga.

Keseruan dari setiap daerah itu, tentunya berkat internet cepat IndiHome dapat terpublikasikan dengan mudah, sehingga bukan hanya meningkatkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia. Tetapi budaya-budaya itu dapat dikenal oleh masyarakat global.

 

SUMBER PUSTAKA

https://www.alinea.id/nasional/semarak-pawai-dan-lomba-peringatan-kemerdekaan-pada-1950-b1XkZ9m3a#:~:text=Pawai%20dan%20perlombaan%20untuk%2

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/fadhilaluqyana/acara-pawai-unik-yang-pernah-ada-di-berbagai-negara

https://sukabumiupdate.com/posts/104426/sejarah-dan-makna-perlombaan-17-agustus-yang-jadi-tradisi-merayakan-hut-ri

https://www.insiden24.com/berita/pr-3964184471/30-kostum-pawai-alegoris-17-agustus-unik-kreatif-ada-tema-horor-dan-nyentrik?page=2

https://travel.tempo.co/read/1492051/pawai-jampana-tradisi-ungkapan-syukur-warga-jabar-sekaligus-rayakan-hut-ri

https://travel.tempo.co/read/1490587/tradisi-sambut-hut-ri-di-banjarmasin-lomba-dayung-perahu-naga

https://www.republika.co.id/berita/pwd0nx396/hadiah-uang-dodi-meriahkan-panjat-pinang-di-muba

https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/12/06060051/sisi-gelap-tradisi-panjat-pinang-di-hari-kemerdekaan-indonesia?page=all

https://www.suara.com/lifestyle/2020/08/14/070500/tak-banyak-yang-tahu-ternyata-5-lomba-17-agustus-ini-punya-filosofi

https://bobo.grid.id/tag/arti-lomba-makan-kerupuk

https://www.sobatlima.com/2019/08/Lomba-agustusan-17an-unik-lucu-kreatif-dan-makna-filosofi-lomba.html

21 comments:

  1. Masyaallah...Semangat merdeka mom 😊

    ReplyDelete
  2. waaa info bagus banget mom jadi tau makna ditiap lomba :) Merdeka !

    ReplyDelete
  3. Agustus selalu dinanti karena ada peringatan HUT TI dan perayaan dengan aneka lomba uniknya. Senangnya...
    Penasaran dengan Banjarmasin Kota Seribu Sungai, yang memeriahkan Pekan Kemerdekaan Indonesia sejak tahun 1924 dengan menggelar lomba perahu naga secara rutin

    ReplyDelete
  4. Internet memungkinkan seluruh dunia tahu apa yang terjadi saat kemerdekaan Indonesia diperingati, keren ya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Wuih aku jadi pengen lihat kalau ada rekamannya, pawai kemerdekaan pertama ya. Pasti seru sekali

    ReplyDelete
  7. Baru tau nih sejarahnya panjat pinang, ternyata udah dari zaman belanda.

    ReplyDelete
  8. Seru banget emang ya, pawai rakyat atau perayaan kemerdekaan Indonesia. Tradisi balap karung, panjat pinang, makan kerupuk ternyata ada filosofinya tersendiri. Keseruan perayaan 17 Agustus kemarin, bisa dikenal dan dipublikasikan least internet cepat IndiHome

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah IndiHome ini memang contoh dampak positif dari pengaruh internet ya. Bisa mendekatkan yang jauh.

    ReplyDelete
  10. Mantap kak, keberagaman yang kita rayakan bareng2 selama pandemi kmrn jg ngga mengurangi maknanya yaa, alhamdulillah ada internet cepat dari IndiHome

    ReplyDelete
  11. ternyata tiap jenis lomba 17an punya makna jg ya.

    ReplyDelete
  12. Sekarang tuh lomba makan kerupuk udah macan-macam teknisnya, kmrn liat tayangan sampai ada lomba makan kerupuk sambil makan nasi juga 😂😂😂

    ReplyDelete
  13. Iya, anakku lombanya secara virtual
    Untungnya pakai internet dari IndiHome
    Jadi lancar lombanya

    ReplyDelete
  14. Waaaa baru tau latar belakangnya, sebelumnya mikir mikir tentang apa ya latar belakang lomba-lomba ini?apa hanya sebatas seru-seruan saja, ternyata ada sejarhnya

    ReplyDelete
  15. Anakku paling gak berkenan ikutan lomba makan krupuk.
    Hihii..gak sabar liat krupuk olang-oleng ke kanan dan kiri. Plus capek juga yaa..
    Memang unik sekali lomba-lomba yang diadakan guna memeriahkan dan memaknai Hari Kemerdekaan RI.

    ReplyDelete
  16. Hihi anak-anak ngak mau ikut karena katanya campur baur mi.. sama kalau malam kerupuk nya berdiri nggak duduk..jadi kalau anak-anak juga belum pernah merasakan lomba 17 Agustus. Kita hanya edukasi tentang sejarah nya

    ReplyDelete
  17. Modifikasinya kalau lomba makan kerupuk mungkin pAke sambel sama nasi ya kak. Eh. Tau ga, kalau aku merindukan makan semangka yg pAke oli itu yg diisi koin. Sekarang mah udah g ada yaa

    ReplyDelete
  18. wah ada dokumentasi lama, jadi gagal fokus karena itu. makasi infonya mba.. 17 agustu tanpa perlombaan, rasanya seperti sayur tanpa garam. paling seru perlombaan balap karung menurut saya.

    ReplyDelete
  19. Ternyata setiap lomba memiliki filosofi tersendiri ya, keren banget. Nggak hanya seru-seruan tapi ada makna mendalam di baliknya yang sarat akan budaya kita yaitu gotong royong.

    ReplyDelete
  20. tertarik sama pawai rakyat jaman dulu 🤩 asli seru bener kalau ngadain gitu lagi tapi kalo sekarang kan udah ada IndiHome, pawainya bisa online hihi

    ReplyDelete

Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.