-->
  • Resensi Buku Why Nations Fail

    Resensi Buku Why Nations Fail


    Buku Why Nations Fail The Origin of Power, Prosperity,and Poverty yang dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Mengapa Negara Gagal. Menjawab sebuah pertanyaan yang selama ini belum mampu dijawab oleh para ahli, yaitu mengapa pertumbuhan ekonomi berbagai negara di dunia sangat bervariasi?

    Sehingga menyebabkan terjadinya kesenjangan ekonomi, antara penduduk di negara-negara maju seperti Inggris, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Kanada, Australia dll. Dengan negara-negara yang pertumbuhan ekonominya rendah sehingga menyebabkan masyarakatnya terbelit kemiskinan.

    Telah banyak ahli yang menelisik penyebab terjadinya kesenjangan diberbagai dunia itu. Diantaranya Jared Diamond, dalam teorinya  mengatakan bahwa kesenjangan tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh faktor geografis dan budaya. 

    Buku ini menawarkan sebuah kerangka teori baru, untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan itu. Karena terdapat fakta, walaupun negara tersebut mempunyai letak geografis dan budaya yang sama, seperti Korea Utara dan Korea Selatan atau antara Meksiko dengan Amerika Serikat . Begitu juga Bostwana dengan Siera Leon, tetapi pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakatnya jauh berbeda.

    Resensi Buku Why Nations Fail


    Daren Acemoglu dan James Robinson Menjawab


    Menurut penulis, bervariasinya pola pertumbuhan ekonomi diberbagai negara itu, dipengaruhi oleh interaksi antara momentum sejarah yang menentukan dengan proses evolusi institusional (hal 119).

    Seperti momentum terjadinya wabah pes yang dikenal dengan sebutan "black death" yang menghantam Eropa, memberikan efek yang berbeda terhadap perubahan institusi politik dan ekonomi di Eropa Barat dan Timur. Kemudian peristiwa itu selanjutnya melahirkan revolusi industri di Inggris dan Perancis, yang menjadi cikal bakal kemakmuran di negara-negara Eropa Barat. 

    Begitupun yang terjadi dengan Peru, negara ini menjadi negara miskin bukan karena faktor geografis atau budaya. Ketertinggalan ekonomi Peru yang sangat jauh dari negara-negara Eropa Barat maupun dari Amerika Serikat, disebabkan oleh institusi ekonomi politiknya.   Proses sejarah yang terjadi di Peru  mewarnai perkembangan institusi politik-ekonomi di negara itu.

    Lima abad silam, Negara Inca merupakan negara kaya yang menguasai teknologi canggih, secara politis pun negara ini lebih solid dibandingkan dengan kerajaan lainnya yang tersebar di Amerika Utara. Titik balik sejarah peradaban Inca terjadi, disebabkan oleh gaya penjajahan Spanyol yang berbeda dengan kolonisasi negara Eropa di Amerika Utara. 

    Perbedaan kondisi ini tidak disikapi sebagai keniscayaan sejarah, tetapi sebagai dampak tak terduga yang disebabkan oleh sinergi antara perbedaan institusi dengan munculnya momentum penting dalam sejarah.


    Resensi Buku Why Nations Fail


    Faktor-Faktor yang dapat Mengubah Perkembangan Sejarah serta Menciptakan Pola Jangka Panjang yang Berbeda 

     1. Metode penjajahan di benua Amerika pada abad 15 diwarnai oleh perbedaan institusi yang dianut           oleh bangsa-bangsa yang mendiami benua itu 
     2. Kerajaan Inca bisa saja berjuang habis-habisan melawan bangsa kolonialis Eropa, seperti yang               dilakukan bangsa Jepang kepada laksamana Perry yang mengepung teluk Edo dengan menggunakan       kapal perangnya. Sentralisasi politik kerajaan Inca di Peru sangat kuat, sehingga dimungkinkan               untuk bisa mencegah terjadinya revolusi seperti revolusi Meiji di Jepang. Tidak ada satu faktor               sejarahpun yang menyebabkan bangsa Inca Harus takluk oleh penjajah.
     3. Fakta bahwa bangsa Eropa sebagai penakluk dan penjajah dunia tidak ditentukan oleh faktor                   geografis atau kultural. 


    Resensi Buku Why Nations Fail


    Negara yang Bisa Menjadi Negara Maju

    Buku Why Nations Fail memaparkan, negara-negara yang mampu menangkap peluang emas dari peristiwa sejarah. Sebagai momentum merubah institusi politik dan ekonomi ekstraktif menjadi institusi ekonomi dan politik yang inklusif, akan bangkit menjadi negara maju yang memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya. 

    Point Penting 

    Kedua penulis yang merupakan ahli ilmu sosial kontemporer ini memberikan pesan penting sekaligus pencerahan kepada pembacanya, bahwa kebebasanlah yang menjadikan sebuah negara menjadi kaya.

    Kesanku Pada Buku Why Nations Fail

    Walaupun bahasannya lumayan berat bagi orang awam seperti saya, tetapi dengan pengalihbahasaan yang bagus buku ini mudah difahami dan sangat enak dibaca. Penulis sangat bernas dan bermutu menjawab persoalan yang selama ini seperti menemui jalan buntu. Recommended untuk dibaca bagi siapa saja. 



    Judul Buku : Mengapa Negara Gagal (Awal Mula Kekusaan, Kemakmuran, dan Kemiskinan) | Judul Asli: Why Nations Fail (The Origin of Power, Prosperity, and Poverty)| Penulis : Daren Ace Moglu dan James A Robinson| Alih Bahasa: Arif Subiyanto | Penerbit : PT. Elex Media Komputindo | Tahun Terbit : Cetakan ketiga Maret 2017 |Jumlah hal : 582 | ISBN : 978-602-04-0202-4|





  • You might also like

    41 comments:

    1. Ternyata asal usul sejarah merupakan point penting dalam tingkat kemajuan sebuah negara ya.
      Hhhmmm. Catet!

      ReplyDelete
    2. Pengen banget Indonesia bisa belajar banyak dari negara-negara lain ya. Pengennya ...
      Karena pelajarannya banyak banget tersebar, salah satunya dalam buku Why Nations Fail The Origin of Power, Prosperity,and Poverty ini.

      ReplyDelete
    3. Wah ini aku kmrn lihat iklannya di instagram buku2an yg aku follow dan lagi hype banget ya mba, jadi pengen ikutan baca jugaaaa <3

      ReplyDelete
    4. Replies
      1. Keren banget bukunya, jadi pengen ikutan baca. Bener kata bapak bangsa, jangan sekali kali melupakan sejarah, alias jas merah.

        Delete
    5. kalo di Indonesia kayaknya biang keladi utamanya koruptor deh, kita gak kekurangan SDA, orang pinter juga banyak. jadi inget dulu Bung Hatta pernah bilang, korupsi sudah membudaya, itu aja zaman dulu, apalagi kondisi sekarang. belum lagi pejabat pemerintahan yang walaupun tiap lima tahun berganti, orang-orang 'di balik layar' tetap masih sama dan berkuasa. lama-lama pusing pala barbie

      ReplyDelete
    6. Selalu menarik mempelajari sejarah, karena dari sana kita tahu latar belakang dan kemungkinan terulangnya kembali suatu kejadian. Apakah ada bahasan tentang Indonesia Mbak dalam buku ini?

      ReplyDelete
    7. Sejarah ternyata memang punya peranan penting ya dalam pertumbuhan suatu negara. Tak hanya untuk dikenang, tapi untuk dipelajari

      ReplyDelete
    8. Duh bahasan bukunya termasuk berat nih buat saya. Hehehe
      Tapi senang jadi nambah wawasan juga...

      ReplyDelete
    9. waaah bukunya pasti berat banget, tapi buat menelisik dan memperbaiki perekonomian kayanya buku ini rekomen

      ReplyDelete
    10. Apakah itu semua bisa diubah? Selain dari sejarah tentunya.

      ReplyDelete
    11. Emang sih ya banyak faktor yang mempengaruhi pola pertumbuhan ekonomi di berbagai negara. Bukunya pasti daging banget nih, harus kunyah pelan-pelan.

      ReplyDelete
    12. memang harus baca sejarah ya, ada yang pernah bilang bahwa kehidupan memiliki pola yang sama, belajar dari masa lalu supaya bisa maju

      ReplyDelete
    13. Wah kalau ada bedah bukunya menarik lho, buku ini. Apalagi kalau dibahas dari sisi ilmu politik, ekonomi, dan sosial.

      ReplyDelete
    14. Berat juga bahasannya kalo dibaca sekilas, tapi banyak ilmu dan sisi menariknya kalo topik begini..

      ReplyDelete
    15. Pernah liat di IG ada yang review buku ini dan lumayan tertarik banget apalagi setelah baca review kakak
      Tapi sayangnya belum ada di ipusnas dan gramedia digital, ya. Jadi list buat buku yang harus dibeli sih ini

      ReplyDelete
    16. Buku yang keren banget nih kak jadi kepengen baca nih setelah baca resensinya, tapi siap-siap berat ya pembahasannya hehehe

      ReplyDelete
    17. Banyak tanya yang timbul dalam hati sejak dulu nih, itu negara-negara kecil di Eropa kok pada bisa menjajah negara-negara besar yaa... Ternyata lompatan yang dilakukan dalam sejarah amat mempengaruhinya. Kita bisa lihat dari banyaknya bangsa asing yang berdatangan ke Indonesia jaman dulu dan berebut untuk menguasai negeri yang kaya ini.

      ReplyDelete
    18. waah dari judulnya aja cukup berat nih bahasannya. Seru ya mengulik sejarah, oke juga disertai gambar

      ReplyDelete
    19. Dulu aku tuh kalau belajar sejarah paling nggak mau, tapi sekarang jadi kebuka pikirannya tentang sejarah, jadi kita tahu asal usul, latar belakang, dan sampe kenapa bisa jadi seperti itu

      ReplyDelete
    20. Seru bgt yaa bukunya, mau beli ah hehe

      ReplyDelete
    21. Wahh ,, dari dulu paling suka pelajaran sejarah . asal usul ,latar belakang ,jadi tau kenapa jadi seperti itu

      ReplyDelete
    22. bukunya seru nih, nambah pengetahuan banget

      ReplyDelete
    23. Bukunya berbobot banget mom. Makasih ulasannya yaaa

      ReplyDelete
    24. Bacaan yang mantap bgt mbak..semangat cari ilmu baru

      ReplyDelete
    25. Keren bgt mom bukunya. Kalo belajar tentang sejarah itu gak akan ada habisnya, banyak bgt hal2 yg sebenernya berpengaruh sekali

      ReplyDelete
    26. Kebebasanlah yang membuat negara menjadi kaya, setuju. Namun, kebijaksaan mengelola kekayaan itu sendiri sangat penting. Indonesia begitu kaya namun masih belum betul-betul berhasil. 😁

      ReplyDelete
    27. Sukab anget sama cerita-cerita sejarah gini

      ReplyDelete
    28. waah ternyataa darii buku bisa menguak sejaraaahh... kaloo di telaah dari bahasanyaa berat jugaa.. tapii ilmunyaa bisa dii pelajarii bangeet nihh...

      ReplyDelete
    29. Rekomendasi buku yang sangat menarik. Thank oemy

      ReplyDelete
    30. Dari ulasanya sudah bagus. Banyak ilmu yang didapat dari buku ini

      ReplyDelete
    31. Wahhh byk bgt trnyata hal hal yang mempengaruhi negara maju y, tp yg paling dominan karna kebebasan ya☺️

      ReplyDelete
    32. seneng ih tiap baca dri mom ini sukses trus ya mom , ❤️

      ReplyDelete
    33. Aku suka tertarik tentang buku yang mengulas tentang sejarah. Tanks mom.
      Rekomendasi buku nya ❤️

      ReplyDelete
    34. Banyak banget ilmu yang didapat dari buku ini, sukses selalu momy

      ReplyDelete
    35. Banyak ilmunya nih buku. Memang menarik banget baca buku sejarah dunia. Jadi paham kenapa sekarang ada politik macam sekarang

      ReplyDelete
    36. Buku yang penjelasannya rinci seperti ini, lebih menarik lagi karena ada gambar-gambar di dalamnya ya

      ReplyDelete
    37. Jadi tertarik untuk baca nih, ada di Gramedia digital nggak ya? Nanti cari ah.

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.