-->
  • Resensi Buku Green Stories Around The World

    Resensi Buku Green Stories Around The World

     Resensi buku Green Stories Around the World, saya tulis sebagai bentuk penghargaan kepada Rohmah Rahmawati yang telah memberikan buku ini dalam acara buku bedah buku Klub Suka Buku yang dihelat pada bulan Oktober 2021. Bukan hanya sebagai penulis, ibu satu anak yang menetap di Ankeny Iowa State Amerika Serikat ini. Merupakan penanggung jawab dari mulai pre production sampai post production.

    Buku ini merupakan sebuah antologi yang ditulis oleh sebelas ibu diaspora Indonesia yang menetap di sembilan negara yaitu Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Swiss, Arab Saudi, Jerman, Austria dan Australia. Mereka belajar, beradaptasi dan mencoba berperan dari rumah untuk menjaga lingkungan sekitar.

    Pengalaman yang mereka bagikan, banyak memberikan insight dan sukses menyuntikan semangat untuk semakin peduli lingkungan. Sadar bahwa bumi ini adalah amanah dari Allah yang senantiasa harus dirawat.

    Mottainai

    Menurut cerita dari 11 penulis, sepertinya Redduce, Reuse, Recycle (3R), sudah menjadi jurus jitu semua negara dalam mengelola sampah. Tetapi negara Jepang yang menempati urutan kedua EPI (Enviromental Performance Index) di Asia. Menambahkan  respect dalam mengelola lingkungannya sehingga menjadi 4 R.

    Sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa Jepang asli  yaitu mottainai yang berarti what a waste, sesuatu yang sia-sia. Dalam masyarakat Jepang, mottainai merupakan sebuah konsep yang berupaya untuk mengungkapkan rasa syukur, menghormati dan menghindari pemborosan.

    Jadi teman, jangan coba-coba membuang sesuatu yang masih bisa berguna kalau tidak mau diteriaki mottinai (sayang sekali) di negara matahari terbit ini.

    New Water

    Singapura merupakan sebuah negara di Asia Tenggara dengan luas 721,5 km berpenduduk 5,3 juta. Identik dengan sebutan negara bersih, aman, dan rapih.

    Dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar, ternyata Singapura tidak memiliki begitu banyak sumber air alami untuk memenuhi kebutuhan warganya. Ada empat strategi yang diterapkan pemerintah Singapura untuk mengatasi masalah ini, dan yang terkeren menurut saya adalah program New Water .

    New Water merupakan proyek impian pengolahan air limbah menjadi air bersih siap konsumsi sejak tahun 1972, karena tingginya biaya teknologi baru bisa diwujudkan sekitar tahun 2000. Hingga Saat ini Singapura sudah memiliki 5 NEWater Plants yang mampu memenuhi kebutuhan air penduduknya hingga 40 persen.

    PUB Singapura pun mempunyai tips andalan dalam menghemat air yang bertajuk W-A-T-E-R . Apakah itu? Yuk… kita intip teman-teman siapa tahu bisa dicontoh.

    -          W- Ash clotches on full load

    -          A- LWAYS use half flush when posibble

    -          T- URN off water when soafing

    -          E- NSURE tap is off when brushing teeth

    -          R- INSE vegetable in container

     

    Resensi Buku Green Storie Around The World

    Menanamkan Cinta  Lingkungan Sejak Dini

    Anak-anak sejatinya adalah pewaris bumi yang kita tinggali saat ini. Agar bumi ini tetap layak untuk dihuni pada masa depan, kelestarian lingkungannya harus senantiasa kita jaga. Selain itu, kita pun sebagai orang tua wajib membekali mereka tentang ilmu pengetahuan tentang lingkungan.

    Sebagai usaha untuk menumbuhkan kesadaran untuk cinta lingkungan. Sehingga terbentuk generasi yang menjadi agen perubahan, dan pengambilan kebijakan mengenai cara pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik di masa depan.

    Itulah semangat yang diusung oleh pengasuh TPA (Taman pendidikan Al-Quran) Brunswick, Melbourne, Australia. Mereka memasukan materi pengenalan lingkungan ke dalam bagian Islam & Science dan Excursion, seperti fun gardening dan kunjungan ke CERES Community Environment Park.

    Ketika berkunjung ke CERES yang merupakan pusat pendidikan lingkungan, taman komunitas, pertanian kota organik dan pusat usaha sosial. Para pengasuh membagi anak-anak menjadi lima kelompok yang terdiri dari kelas sun dan star. Masing-masing grup harus mendatangi 3 pos yaitu:

    -      - Listen to nature, di pos ini anak-anak dipakaikan penutup mata dan mendengarkan suara-suara alam yang mereka tangkap dan menuliskannya dalam selembar kertas.
    - Scavenger hunt, anak-anak disuruh mengumpulkan benda-benda mati yang jatuh dan tidak menempel dalam kotak karton telur bekas.
    - Lets Explorer Nature, aktivitas yang dilakukan di pos terakhir ini adalah memindahkan beberapa batu dari satu tempat ke tempat lainnya.

    Buku Ini Menurutku

    Hanya satu kata untuk buku ini “keren”, recommended untuk dibaca semua orang. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya bagi ketika menuliskan resensi buku Green Stories Around The World ini, misalnya tentang pasar loak yang dikelola anak-anak, pembagian makanan gratis yang dimasak rame-rame untuk mengurangi sampah makanan, dan masih banyak lagi. Daripada penasaran mending beli aja bukunya langsung yu….

     

    Judul Buku : Green Stories Around The World | Penulis : Rohmah Rahmawati dkk | Penerbit : Makmood Publishing | Tahun Terbit : 2021, cetakan 1 September | Jumlah Halaman: 187 |ISBN : 978-623-6596-46-3

     

  • You might also like

    31 comments:

    1. Asyik ya, mba, bisa resensi alias bedah buku. Kalau saya, semua buku itu bagus, 😅

      ReplyDelete
    2. Menarik sekali bukunya. Terus semangat berliterasi agar siswa mudah mrnemukan referensi dari buku-buku yang diulas.

      ReplyDelete
    3. Keren banget mbaa sekeren ulasannyaa

      ReplyDelete
    4. keren mba resensi buku nya, menarik banget. sukses selalu

      ReplyDelete
    5. Top ni bukunya, segala sesuatu yg bertujuan untuk menjaga alam dan bumi kayaknya ada ya, jd pingin baca Full bukunya ☺️

      ReplyDelete
    6. Menarik banget bukunya , jadi pengen baca full bukunya

      ReplyDelete
    7. Bukunya sangat menarik.. sukses terus ya mom

      ReplyDelete
    8. Salam kenal, Mbak Oemy. Bukunya menarik banget. Jadi ingin baca juga 😍.

      ReplyDelete
    9. Keren banget ulasan bukunya mom ditunggu ulasan buku lainnya ya

      ReplyDelete
    10. Seru banget.. Jadi pengen cepet baca juga

      ReplyDelete
    11. Saya pingin baca bukunya Mb, buat nambah wawasan dan praktik untuk menjaga lingkungan sejak dini. Apalagi butuh masukan bagaimana mendidik anak agar peka dengan lingkungannya.

      ReplyDelete
    12. Bukunya menarik, jadi pengen beli ��

      ReplyDelete
    13. Bukunya recommended banget buat keluarga yang concern mengajarkan anak-anak cinta lingkungan

      ReplyDelete
    14. Keren banget bukunya, Mbak. Mengusung tema air bukan untuk sekadar memberikan bacaan, tetapi juga memberikan insight tentang pengelolaan air di negara lain.

      ReplyDelete
    15. resensinya keren mbak, jadi nambah ilmu lagi masalah menjaga lingkungan

      ReplyDelete
    16. Dalam Islam segala hal memang telah dibahas secara lengkap, sebagai panduan untuk meluruskan umat. masyaAllahu tabarakallahu. mudah2an Indonesia bisa mengikuti jejak negara maju dalam hal menjaga lingkungan. thankyou for sharing, mba.

      ReplyDelete
    17. Jepang keren banget. Selain 3R mereka juga menambahkan respect. Hal yang sering diabaikan padahal puenting sekali

      ReplyDelete
    18. Seru bukunya jadi melihat negara lain walau lewat buku tetapi terasa masuk kesana

      ReplyDelete
    19. Wah, keren, mbak. Baca resensi ini saya jadi nambah ilmu tentang pelestarian lingkungan. Sepertinya akan lebih banyak lagi yang bisa dipelajari kalau baca bukunya ya..

      ReplyDelete
    20. Ulasannya bikin kepo pingin baca juga mbak

      ReplyDelete
    21. Jadi ingin baca bukunya... Ulasannya top banget. Bukunya tersedia di marketolace nggak mba?

      ReplyDelete
    22. Keren bukunya, dari satu buku kita bisa tahu ulasan dari berbagai negara, bagaimana mereka aware tentang lingkungan. Mantap.

      ReplyDelete
    23. Membangun literasi di negeri orang dengan menghadirkan cerita2 yang inspiratif. Menarik sekali untuk dibaca ini bukunya.

      ReplyDelete
    24. Jadi penasaran, setelah ribuan orang baca buku ini, berapa persen ya berhasil menerapkan isinya?

      ReplyDelete
    25. bukunya inspiratif sekali 😍 jadi pengen tau lebih tentang pengelolaan sampah di luar negeri.. makasii mba sudah resensi buku kece ini

      ReplyDelete
    26. Nah, generasi muda perlu bgt buku ini kak. Agar lebih mencintai alam dan melestarikan alam dengan baik.

      ReplyDelete
    27. Terima kasih sudah membuat ulasan yang menarik untuk buku ini ya Mba, maaf saya baru sempat berselancar di sini :-)

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.