-->
  • Tips Membeli Anggrek Secara Online

     

    Tips Membeli Anggrek Secara Online


    Hari Jumat, dalam Islam merupakan hari paling istimewa dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Karena itulah hari Jumat ditasbihkan sebagai sayyidul ayyam.

    Ngomong-ngomong tentang hari Jumat. Teman-teman mempunya rutinitas khususkah? Kalau saya selain membaca surat Al-kahfi dan memperbanyak shalawat, hari Jumat adalah time for dating with my orchid collections. Alias waktunya deep treatment neng anggrek,  agar si geulis dapat tumbuh dengan sehat dan berbunga. Mulai dari penyiraman, pemberian nutrisi  serta  pengusiran hama-hama pengganggu.

    Kenapa Suka Anggrek?

    Pasti ada yang menanyakan itu, kalau saya posting aggrek di media sosial. Kenapa ya? Saya juga enggak tahu, mungkin karena bunganya indah kali ya. Okh iya kalau diingat-ingat saya tuh suka anggrek sejak membaca buku  Aroma Karsa karya Dee Lestari, sekitar tahun 2019 silam.

    Buku yang mengeksploitasi tentang indra penciuman itu, bercerita tentang ambisi Raras Prayagung. Seorang pengusaha bidang kecantikan yang sangat berambisi untuk mendapatkan Puspa Karsa. Ia rela mengorbankan segalanya dan menghalalkan segala cara, untuk mencari tanaman langka yang mempunyai kedahsyatan luar biasa itu. 

     

    Tips Membeli Anggrek Secara Online


    Entah kenapa imajinasi yang terbentuk dalam benak saya, Puspa Karsa itu adalah tanaman anggrek. Beberapa tokoh dalam Aroma Karsa juga digambarkan sebagai kolektor tanaman anggrek.

    Jadi banyak banget dialog-dialog yang ngomongin tentang anggrek, yang membuat saya menjadi kepo, penasaran, takjub, dan kagum pada bunga yang memiliki begitu banyak fans fanatiknya ini.

    Memang Dee Lestari jago banget menabur kata-kata indah yang menghipnotis pembaca begitu telak, dalam setiap karyanya. Ini dia sebuah quotes  dalam Aroma Karsa yang membuatku jatuh cinta pada anggrek.

    Andai bunga-bunga di dunia bisa berbicara, mereka akan menyatakan kecemburuannya kepada bangsa anggrek. Tidak ada bunga lain di dunia yang dapat membuat manusia tergila-gila.

     

    Apakah Sulit Merawat Bunga Anggrek?

    Jawabannya bisa iya bisa tidak.

    Kok bisa?

    Banyak yang mengeluh kalau merawat anggrek itu susah, bahkan ada yang  bilang harus telaten seperti merawat bayi. Padahal jika sudah diketahui karakteristiknya, mengurus anggrek itu mudah kok. Biasa aja seperti merawat tanaman hias pada umumnya, kalau hasilnya ingin bagus dan berbunga dengan maksimal ya harus dirawat dengan baik.

    Tips Membeli Anggrek Secara Online
    Taman Depanku


    Bahkan kata pemilik nursery,Ratu Anggrek, anggrek itu adalah bunga yang paling kuat bertahan. Kesalahan para anggrek lovers pemula, mereka itu membeli anggrek karena kabita melihat bunganya yang cantik tanpa mengetahui apalagi mempelajari jenis dan karakteristiknya. Jadi kebanyakan anggrek itu mati karena kesalahan treatment.

    So teman-teman kalau tertarik dan ingin membeli anggrek sebaiknya kenalin dulu deh baik-baik biar tidak jong. Dizaman serba digital seperti sekarang, informasi tentang apapun sangat mudah diakses asal kita mau.

    Tips Membeli Anggrek Secara Online
    My Backyard Garden

    Apakah Anggrek Bisa dibeli secara Online?

    Jawabannya bisa banget, selama ini saya selalu membeli anggrek secara online. Karena setahu saya di Tasik tidak ada nursery yang khusus menjual anggrek (apa saya kurang update ya).

    Apakah Aman Jika Membeli Anggrek Secara Online?

    Tentu saja aman,  seller yang biasanya saya beli mengemas anggrek dalam kardus khusus. Agar tidak rusak daunnya ditutup atau dibungkus dengan kertas koran dan akarnya tertanam dalam pot plastik (A*u*a gelas) dengan media tanam mos putih.

    Tips Membeli Anggrek Secara Online


    Tips Membeli Anggrek Secara Online

    1. Jangan tergiur dengan harga yang super murce dengan warna yang indah tiada tara dan aneh bin ajaib. Boong itu karena saya sudah pernah mengalaminya (hiks hiks), mana belinya banyak lagi. Pilih aja warna standar seperti merah, kuning, ungu, putih, pink atau magenta,

    2. Seperti membeli barang lainnya secara online, sebelum order biasanya saya lihat ulasan para pembeli sebelumnya. Kalau banyak yang komplain dan rata-rata memberikan tingkat kepuasan bintang 1 mending cari lapak lain aja deh daripada nyesel.

    3. Pilih metode pengiriman satu hari sampai. Ya bagaimanapun anggrek itu makhluk hidup kasian kalau lama-lama di jalan takut mati.

    Tips Membeli Anggrek Secara Online


    4. Sebelum anggrek tiba siapkan terlebih dahulu pot dan media tanamnya. Kalau saya sudah dipikirkan juga  anggrek-anggrek itu mau ditaro dimana jadi nanti anggreknya tinggal dipajang tanpa banyak mikir lagi wkwkwk.

    5. Ketika paket anggreknya tiba, jangan suruh nunggu lama tuh cepatlah di unboxing. Biar tidak stress karena tertutup dalam kemasan dan mengalami guncangan selama perjalanan. Kemudian anggrek itu di angin-anginkan (biar tidak kegerahan wkwkwk) sebentar. Terus suruh dia berendam dalam larutan B1 sekitar 15 menit baru deh dipindahkan kedalam pot.

    Selamat berkebun teman-teman. Yuk…..niatkan sebagai sedekah oksigen biar dapat pahalanya.

  • You might also like

    15 comments:

    1. Terima kasih sharingnya

      ReplyDelete
    2. Suami yang telaten pelihara anggrek, sampai tetangga tanya:"Dikasih apa biar berbunga?" Kata suami:"Dikasih doa"...hehe...
      Sekarang lagi favorit pelihara Wijayakusuma. Samma...bibitnya beli online juga. Aman kok...

      ReplyDelete
    3. Mengoleksi anggerke merupakan hobi yang mahal dan membutuhkantingkat kerajinan yang tinggi. Hanya orang-orang yang sabar dan telaten yang konsisten menjalaninya

      ReplyDelete
    4. Saya termasuk kelompok yang suka menikmati keindahan anggrek, tapi nggak telaten kalau disuruh merawat. Hihihi. Kak Oemy keren nih, telaten.

      ReplyDelete
    5. Jadi tergiur mau nanam.anggrek dan beli online aja biar nggak ribet.. tapi tak bisa memelihara nya

      ReplyDelete
    6. Ya ampun bagus bagus banget ini tanaman anggrek nya.
      Sayang kalau saya tuh kenapa ga bisa bertahan lama ya. Selalu mati. Padahal saya dan suami suka banget menanam dan berkebun

      ReplyDelete
    7. Dalam pikiran saya, masih tertanam bahwa anggrek adalah tanaman yang perlu perhatian penuh. Jadi masih agak takut-takut rasanya untuk meminang bunga satu ini untuk dibawa ke rumah hehehe. Sehingga selama ini penghuni kebun kecil di rumah ya tanaman-tanaman yang mudah dirawat.

      ReplyDelete
    8. Saya dulu punya koleksi anggrek di rumah. Sebenernya itu koleksi ibu sih. Hahaha. Ibu saya telaten banget merawatnya. Kalau udah berbunga cakep bangeeeeet.

      ReplyDelete
    9. Ka Oemyyy...
      MashaAllaa~
      Surga banget rumahnya buat para anggrek.

      Mamah mertuaku seneng banget sama bunga-bunga, tapi khusus anggrek, memang treatment-nya khusus yaa... Dan gak sebanyak punya ka Oemy. Gitu aja kalau pas ngembang, kita semua seneng dan ikutan foto bareng. Ciptaan Allah yang indah sekali, memang yaa...

      Misalnya nih, ka.. beda jenis anggrek, beda treatment juga atau sama?
      Terima kasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Beda Teh....misalnya anggrek bulan harus ditempatkan yang benar-benar teduh medianya juga harus poros banget medianya cukup pakis bongkahan sama areng aja. Kalau dendrobium harus diletakan ditempat yang ada sinar mataharinya tapi jangan terkena langsung

        Delete
    10. Cantiiikkk bgt nih anggreknyaaa


      ibu mertuaku penggemar anggrek
      nanti boleh lahhh blio baca ini

      ReplyDelete
    11. Cantik bgt anggrek-nya mbak. Aku jg pengen nanam2 bunga2an di rumah. Tp blm sempat soalnya masih bolak-balik bogor-bandung. Takut bunga2nya di telantarkan

      ReplyDelete
    12. Cantik anggreknya, pengen tapi takut bakal gak bertahan lama karena cuaca di Surabaya cukup ekstrim

      ReplyDelete
    13. Cantik cantiknhya bunga angrek. Saya tanam juga susah sekali hidupnya.

      ReplyDelete
    14. Aku g heran jika anggrek jadi tanam yang diburu dan senantiasa jadi rebutan juga meski harganya mahal ya. Karen secantik itu

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.