-->
  • Cara Membuka Tabungan Emas di Pegadaian

    Cara Membuka Tabungan Emas di Pegadaian


    Beberapa bulan lalu sempat viral dan mejadi trending topic di berbagai media sosial. Berita tentang seorang ibu asal Makasar, yang membalut tubuhnya dengan berbagai perhiasan emas seberat 180 gram, ketika baru pulang dari tanah suci.

    Emas merupakan logam mulia yang mempunyai nilai yang sangat berharga karena  sifatnya yang langka, tidak bisa pudar, tahan korosi dan nilainya yang sangat stabil. Oleh karena itu, sejak ribuan tahun yang lalu emas digunakan sebagai lambang kekayaan dan kemakmuran.

    Kebanyakan Emak-emak beralasan, mereka mengkoleksi emas selain untuk perhiasan agar penampilan terlihat lebih elegant dan berkelas juga bisa sekalian nabung.  Sebagaimana yang sering kita jumpai dalam tulisan di spanduk ketika berkunjung ke toko emas “Berhias Sambil Menabung”

    Menabung Emas Sebagai Investasi

    Jika teman-teman kurang begitu suka menggunakan perhiasana emas karena alasan keamanan atau takut hilang dan rusak karena sering digunakan. Tenang saat ini bisa kok berinvestasi emas dalam bentuk tabungan emas.

    Menabung emas ini  dapat dilakukan dengan mudah selayaknya menabung uang. Kita hanya perlu mengunjungi tempat-tempat yang melayani penjualan dan pembelian emas baik secara online maupun offline.

    Keuntungan  Menabung Emas

    1. Rendah Risiko

    Nilai aset yang kita miliki dalam bentuk tabungan emas memiliki kecenderungan tetap stabil. Karena sebagaimana diketahui, emas sebagai komoditas tidak hanya bisa dijadikan sebagai sebagai alat investasi juga bisa dipakai sebagai perhiasan untuk melengkapi gaya hidup. Jadi terdapat permintaan dan penawaran terhadap emas ini di pasaran yang jelas. Oleh karena itu selama transakaksi emas terus berlangsung secara masip risiko penurunan harga aset emas cenderung minim.

    2. Mudah Dicairkan

    Selayaknya tabungan uang, tabungan emas sangat mudah dicairkan dalam bentuk dana tunai. Kita hanya tinggal mengambil sejumlah gramasi emas yang kita miliki di tabungan sesuai dengan jumlah uang yang kita butuhkan.

    3. Bebas Bunga

    Ini sih yang membuat saya tenang, sampai saat ini menabung emas bebas bunga dan pajak adapun biaya yang dikeluarkan hanya berupa biaya penitipan dan administrasi.

    4.  Modalnya Sangat Kecil

    Kalau mendengar kata investasi, langsung terbayang dalam kepala tumpukan-tumpukan uang yang nilainya fantastis dengan jumlah nol yang berderet-deret. Ada yang sama? jadi bikin insecure dan takut untuk memulai.

    Tapi tenang  investasi dalam bentuk tabungan emas dapat dilakukan dengan modal yang sangat minim. Hanya dengan dengan membeli 0,01 gram aja, teman-teman sudah bisa kok mulai nabung emas.

    Cara Membuka Tabungan Emas di Pegadaian
    Sumber Gambar : Pinterest

    Menabung Emas di Pegadaian

    Sesuai namanya, selama ini saya menganggap pegadaian hanya melayani  orang-orang yang akan menggadaikan barang. Tetapi ternyata keliru guys.

    Saat akan perpisahan sekolah, dalam rapat orang tua disepakati sebagai tanda terimakasih kepada wali kelas yang sudah mengurusi anak-anak. Kami sepakat akan memberikan hadiah berupa logam mulia.

    Dalam rapat tersebut seorang ibu mengusulkan untuk membeli logam mulia di Pegadaian, selain karena tempatnya dekat dengan sekolah kualitas serta keamananya terjamin. Setelah selesai rapat, saya bersama beberapa ibu-ibu panitia langsung pergi ke Pegadaian.

    Satpam perempuan yang berjaga di pintu mempersilahkan kami untuk langsung masuk, setelah menyatakan maksud kedatangan. Karena untuk membeli logam mulia di Pegadaian Tasikmalaya  bisa langsung bertransaksi di Galery 24 yang ada di dalam kantor tanpa harus antri.

    Petugas yang melayani kami, memberikan service terbaiknya. Dengan tetap tersenyum  ramah tetap sabar menjawab kecerewetan emak-emak wkwkw. Dari perbincangan itu terungkaplah bahwa Pegadaian menyediakan layanan menabung emas.

    Tabungan Emas Pegadaian

    Adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Produk tabungan emas Pegadaian memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya.

    Cara Membuka Tabungan Emas di Pegadaian


    Keunggulan Tabungan Emas Pegadaian

    1. Tersedia di seluruh outlet Pegadadaian dan Melalui Pegadaian Digital Service, agen Pegadaian dan market place

    2. Biaya administrasi dan pengelolaan ringan

    3. Nasabah dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram

    4. Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram

    5. Dijamin karatase 24 karat

    6. Dikelola secara profesional dan Transparan

    7. Harga jual dan buyback yang kompetitif

    8. Nasabah dapat melakukan buyback mulai dari 1 gram

    9. Nasabah dapat melakukan pembelian Tabungan Emas (Top Up) mulai dari 0,01 gram

    Dengan sederet kelebihan itu, siapa yang tidak tergoda coba? Bayangin aja kalau harga emas sekarang misalnya satu juta, dengan harga yang jauh lebih murah dari semangkok bakso. Kita sudah bisa menabung emas yang dikelola dengan profesional dan keamanan terjamin.

    Cara Membuka Tabungan  Emas di Pegadaian

    a. Melalui Cabang pegadaian

    1. Nasabah mengisi formulir dan melampirkan fotokopi KTP

    2. Nasabah membayar biaya admin Rp. 10.000, membayar biaya pengelolaan rekening Rp. 30.000 dan biaya materai Rp. 10.000

    3. Nasabah membeli emas batangan dengan berat  minimal 0,01 gram

    4. Nasabah mendapatkan buku tabungan emas

    b. Melalui Aplikasi Pegadaian Digital

    1. Download dan login aplikasi pegadaian digital

    2. Pilih menu buka Tabungan Emas pada menu utama

    3. Pilih metode pembayaran

    4.  Lakukan pembelian emas sebesar Rp. 50.000 dan lakukan pembayaran sebagai petunjuk

    5. Rekening telah aktif dan buku tabungan dapat diambil di cabang tempat pendaftaran

    Ternyata sangat mudah dan murah ya teman-teman untuk berinvestasi emas dalam bentuk tabungan emas di Pegadaian. Dalam rangka mempersiapkan dana darurat, sebagai jaring pengaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan terutama pendidikan anak-anak.

     

    Sumber :

    https://sahabat.pegadaian.co.id/produk-tabungan-emas#:~:text=Sangat%20mudah.,diri%20(KTP%2FPaspor).

    https://www.pegadaian.co.id/produk/tabungan-emas#:~:text=Apa%20itu%20Tabungan%20Emas%20%3F,%2C%20murah%2C%20aman%20dan%20terpercaya.

    https://www.liputan6.com/bisnis/read/3928535/lebih-untung-aman-dan-rendah-risiko-ini-alasan-mengapa-investasi-emas-itu-penting

    https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/12/08/keuntungan-investasi-emas

    https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40806

     


  • You might also like

    20 comments:

    1. Betul, mudah dan praktis ya selain keamanan dan kenyamanan yang juga jadi jaminannya. Harga juga terjangkau ya jadi tidak memberatkan kita sebagai penabung

      ReplyDelete
    2. Benar Teh, lebih murah dari semangkok bakso

      ReplyDelete
    3. Saya juga baru tahu nih, kalau pegadaian nggak cuma melayani orang-orang yang ingin menggadaikan barang. ;P

      ReplyDelete
    4. Kedua anak saya: yang sulung karena sudah punya KTP saya bukakan rekening di bank untuk uang saku dan tabungan. Sedangkan yang bungsu karena masih SMP belum ada KTP saya bukakan tabungan emas di Pegadaian - atas nama saya dan cc ke namanya.
      Mudah dan menguntungkan.

      ReplyDelete
    5. Saya belum pernah buka tabungan emas di Pegadaian, tapi dulu pernah nyicil emas sih di Pegadaian. Dulu rasanya berat banget pas nyicil emas. Mungkin karena harganya udah dikunci, nyicil LM sekian gram. Kalau nabung emas sepertinya beda ya aturannya. Sepertinya kok lebih ringan... Cus ah ke Pegadaian tanya-tanya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya kalau nyicil emas kan ditentukan besaran yang harus kita bayarkan setiap bulannya. Kalau nabung kan bebas semampu kita aja.

        Delete
    6. sebelumnya pernah cari info gimana ya nabung emas, hmmm ternyata pegadaian bisa jadi solusi nih. investasi yang aman dan tentunya ga ribet ya

      ReplyDelete
    7. Menarik nih, sempat maju mundur buka tabungan pegadaian emas. Aku masih stay di ngumpulin duit terus langsung beli kepingan agak gede. Opsi tabungan pegadaian emas ini boleh dipertimbangkan

      ReplyDelete
    8. Beberapa hari yang lalu sempat sih diskusi sama suami enaknya ke depan mau investasi apa dan kami berpikir untuk investasi emas.
      Melalui artikel ini jadi punya bayangan jika investasi emas di Pegadaian

      ReplyDelete
    9. Tabungan emas..baru banget dengar istilah ini. Ternyata juga ada ya di pegadaian.Belum berani merambah ini karena belum paham banget

      ReplyDelete
    10. Biaya administrasi itu untuk tiap bulan ya? Trus pembelian 50.000 itu setoran pembelian wajib tiap bulan atau bisa pas punya uang saja? Tertarik nih buat nabung emas.

      ReplyDelete
    11. Terima kasih infonya. Investasi emas ini bagus memang buat investasi jangka panjang. Ternyata bisa ya dengan cara nabung emas di pegadaian.

      ReplyDelete
    12. Aku beberapa tahun terakhir ini, sudah mulai investasi emas
      Tapi selama ini baru beli emas batangan saja sih
      Kayaknya menarik juga beli tabungan emas ini

      ReplyDelete
    13. Nuhun infonya.
      Terakhir aku buka tabungan emas di Pegadaian secara manual, yang ada butab-nya.
      Kini, sudah bisa download aplikasinya sehingga bisa dilakukan secara digital dan tentunya lebih praktis. Alokasi investasi yang memudahkan dari Pegadaian.

      ReplyDelete
    14. Wah ternyata Pegadaian juga membuka jasa untuk tabungan emas ya. Aku kira hanya melayani pegadaian aja

      ReplyDelete
    15. Iya mudah ya ternyata nabung emas di pegadaian. Biayanya ringan dibanding di tempat lain

      ReplyDelete
    16. Ada tabunganku yang masih nyangkut
      Sekarang lagi proses diganti akun
      Semoga dimudahkan karena penting nabung asam

      ReplyDelete
    17. aku tau bisa beli emas juga di pegadaian, tapi aku baru tau ada tabungan emas juga. dulu pernah liat2 emas di sana, ada yang sreg modelnya perhiasannya, tapi budget nya yang belum ada xD

      ReplyDelete
    18. jadi sistemnya uang yang kita setor itu dikonversi ke emas ya, mbak? pernah sih baca tentang ini tapi belum saya lakukan. tapi tabungan emas pegadaian ini bisa jadi pilihan nih buat yang pengen menyisihkan uangnya ke investasi emas karena bisa dimulai dari nominal kecil

      ReplyDelete
    19. wah asik nih pegadaian, bisa nabung emas dari harga terkecil.. nabung emas memang investasi yang minim resiko ya

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.