-->
  • Beli Buku Bekas? Kenapa Enggak

     

    Beli Buku Bekas? Kenapa Enggak



    Teman-teman seandainya ditawarkan dua buah buku, satu bajakan dan satunya lagi buku bekas dengan harga yang sama-sama ramah di kantong. Kira-kira mau milih yang mana? Kalau saya sih lebih memilih buku bekas.

    Why?

    Setelah anak-anak menggeluti dunia kepenulisan dan menerbitkan buku. Saya jadi tahu kalau menulis buku itu lebih dari sekedar berdarah-darah. Tetapi memerlukan effort sebesar gunung, kesabaran seluas lautan dan konsisten sekeras batu karang.

     Sudah jadi pun bukunya belum tentu ada yang baca. Kasian kan? Kalau bukunya dibajak.

    Walaupun pemerintah sudah  menerbitkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Pasal 113 ayat (4) dimana para pelaku pembajak buku akan mendapatkan denda sanksi sebesar Rp 4.000.000.000,00 (empat miliar rupiah) dan pidana penjara paling lama selama 10 (sepuluh) tahun.

    Tetapi teuteup pembajakan buku masih terjadi dengan masip, sedih banget ya.

    Jadi wahai para books lover, seandainya belum ada rejeki untuk membeli buku baru. Kalian bisa meminjamnya di Ipusnas atau perpus online lainnya.Kalau yang tidak suka baca e book kayak saya, mending beli buku bekas saja  jauh lebih beradab daripada beli buku bajakan.

    4 Alasanku Membeli Buku Bekas

    1. Mengurangi Sampah

    Membeli buku bekas artinya mendorong kebiasaan reuse yang dapat mengurangi jumlah sampah dan memperpanjang umur serta kemanpaatan sebuah buku.

    2. Harga Barunya Sangat Mahal

    Saya tuh orangnya sangat mudah tergoda jika melihat iklan buku yang melintas diberanda atau ulasan para bookstagramer. Seperti buku yang berjudul Paradoks Indonesia dan Indonesia Juara karangan Prabowo Subianto, adrenalinku langsung melonjak dibakar oleh rasa penasaran ingin membacanya ketika dua buku tersebut lewat dihadapanku.

    Beli Buku Bekas? Kenapa Enggak


    Tetapi guys setelah dicek harganya di marketplace, adududuuuhhh harganya tidak bersahabat dengan dompet emak-emak macam saya.  Nyerah? No way setelah muter- muter, beruntung ada yang jual bekas dengan harga yang murah. Yipppiii seneng banget serasa dapat harta karun.

    Setelah buku ini mendarat dengan selamat di rumah, saya ngerti kenapa buku ini mehong. Ukurannya sebesar majalah, kertasnya juga licin dan mengkilap.

    Begitupun dengan buku Aku Adalah Peluru karangan Bara Patyradja  yang merupakan Mahabbah Connie Rhakundini Bakrie dalam jejak peradaban militer. Didesain dengan cantik dan ekslusif kertasnya pun lebih tebal dari kertas buku pada umumnya. Jadi dapat dimengertilah harganya lumayan mahal.

    Beli Buku Bekas? Kenapa Enggak


    3. Buku Barunya Sudah Tidak Dicetak Lagi

    Teman-teman yang sudah membaca serial Supernova karangan Dee Lestari, pasti tahu pada setiap jilidnya serial ini bertabur quote-quote indah yang berdenting begitu telak sehingga membuat kita berhenti sejenak untuk merenung dan berefleksi.

    Beli Buku Bekas? Kenapa Enggak


    Nah quote-quote tersebut kemudian dikumpulkan dalam satu buku yang berjudul Kepingan Supernova. Diantara sekian banyak quote yang paling kusuka adalah ini :

    Tidak ada awal dan akhir.

    Tidak ada sebab dan akibat.

    Tidak ada ruang dan waktu.

    Yang ada hanyalah Ada

    Maklum saya kan baru “mengenal” karya-karya penulis asal Bandung ini pada tahun 2019 jadi ketika mencari buku barunya sudah tidak diproduksi lagi. Pas nemu buku bekasnya ya sudah langsung masuk keranjang, sudah gitu dapat tandatangan penulisnya lagi. Bukankah itu sebuah keberuntungan?

    4. Kecelakaan

    Tidak semua kecelakaan berakhir dengan kekecewaan, contohnya saya membeli novel bekas yang berjudul Critical Eleven karya Ika Natassa karena enggak sengaja demi menggenapkan transaksi agar dapat free ongkir (maklum emak-emak dapat untung dikit juga langsung diserbu.

    Tapi aku enggak nyesel kok, bukunya masih dalam keadaan mulus, bersih dan rapih. Ceritanya juga bagus, cocok buat kamu yang menyukai genre drama.

    Beli Buku Bekas? Kenapa Enggak


    Tips Membeli Buku Bekas di Market Place

    Kunci mendapatkan buku bekas dengan kondisi baik dan mulus tanpa cela menurutku sih, kesabaran membandingkan antara kualitas dengan harga yang ditawarkan oleh para pelapak. Selain itu kita juga sudah benar-benar mengetahui buku apa yang mau kita beli, biar tidak bingung aja. Biasanya kalau aku sih hunting dulu di media sosial.

    Alhamdulillah sampai saat ini hasil pembelian buku bekasku selalu memuaskan. Bagaimana tertarik untuk membeli buku bekas?

  • You might also like

    12 comments:

    1. Jadi inget zaman kuliah sukanya beli buku-buku bekas. Kalau di Jogja dulu ada pusat jualan buku-buku bekas, paling suka beli komik. Harganya emang miring banget buku-buku bekas tuu, tapi kualitas bukunya juga suka masih bagus gitu.

      -ima

      ReplyDelete
    2. Belum pernah nyoba beli buku bekas, sih, Kak. Mungkin perlu juga mempertimbangkan opsi ini ya, terutama kalau buku barunya udah nggak dicetak lagi.

      ReplyDelete
    3. Kalo aku malah jadi yang tukang jualin buku bekas malahan hahhahaa alhamdulillaah buku bekas yg dijual bisa buat beli buku baruu

      ReplyDelete
    4. Aku beli buku bekas ke seller yg emang udah terpercaya, kadang marketplace bilangnha buku bekas asli, nyatanya fotokopian hadeu 🤧

      ReplyDelete
    5. Aku juga suka beli buku preloved Kak, apalagi kalau buku lama dan udah nggak terbit lagi. Kalau aku sih pastikan buku itu ori dulu sih ya kak

      ReplyDelete
    6. Wah sama nih, aku juga suka membeli buku bekas apalagi toko bukunya dekat rumahku. Meskipun bekas tapi bukunya masih bagus banget, bahkan beberapa dari buku itu adalag edisi lama yang udah ngak dicetak lagi. Kalau sudah dapat buku kayak gini, rasanya seneng banget apalagi yang dijual ngak hanya buku tapi juga banyak majalah bekas.

      ReplyDelete
    7. iya dong mending beli buku bekas ketimbang buku bajakan. aku sebenarnya kepengen nyari buku harry potter second mbak tapi kayaknya buku bekas harpot harganya malah lebih mahal ketimbang yang baru. hihi

      ReplyDelete
    8. Belum pernah beli buku bekas. Takut ketipu kalo beli di market place hehe, cuma makasih lo mba udah dikasi tips beli buku bekas lewat marketplace

      ReplyDelete
    9. Aku uda beberapa kali beli buku bekas, khususnya buat buku buku ensiklopedia anak
      Biar dapat harga miring
      Hehe

      ReplyDelete
    10. Hmm berasa pengen beli buku bekas jg nih, ada beberapa buku lama yg pengen kubaca tp belum dapat hehe

      ReplyDelete
    11. pernah aku beli juga mbak, tapi pernah juga aku malah jualin buku hampir 1 rak karena buku2 waktu gadis hehe

      ReplyDelete
    12. Woahh kalau bisa sih aku maunya beli buku seken aja haha, apalagi fiksi. Sekarang ga terlalu invested sama buku fisik karena ga sempat kebaca ketimbang e-book via Kindle atau app Gramdig sama ipusnas

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.