-->
  • Hidup Sehat Pada Usia Jelita Bersama IndiHome

     

    Hidup Sehat Pada Usia Jelita Bersama IndiHome


    “Usia Hanya Deretan Angka”

    ( Zlatan Ibrahimovic)

    Saya sangat setuju dengan ungkapan yang dikemukakan oleh striker asal Swedia tersebut. Usia bukanlah halangan untuk tetap produktif, menghasilkan karya yang bermanfaat bagi orang banyak.

    Selain itu tentu sangat membahagiakan jika bisa mendampingi anak-anak, menapaki tahap-tahap kehidupannya hingga dewasa dan mempunyai keturunan, dalam keadaan sehat.

    Saya pun sadar, kesehatan bukanlah hadiah tetapi sesuatu yang harus diupayakan. Karena itulah saya yang biasanya woles dan menganut falsafah hidup mengalir seperti air, sehingga tidak pernah bikin resolusi ketika awal tahun.

    Tetapi karena tahun 2023 ini, sudah mulai memasuki usia 46 tahun atau sering disebut dengan usia Jelita yaitu akronim dari jelang lima puluh tahun. Saya pun menetapkan beberapa resolusi kesehatan, agar bisa mengurangi kebiasaan tidak baik yang dapat merusak kesehatan.

    Agar healthy goals-nya tercapai, saya menetapkan beberapa resolusi kesehatan yang  sederhana dan tidak muluk-muluk. Agar bisa konsisten dan tidak berat menjalaninya,percuma kan resolusi selangit tetapi tidak dilakukan.

    Resolusi Kesehatanku 

    1. Memperbanyak Minum Air Putih

    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap orang membutuhkan minimal 8 gelas perhari untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Air ini berfungsi untuk mengatur seluruh sistem dalam tubuh, mulai dari fungsi otak, sistem pencernaan, sistem pernapasan, dan lain-lain.

    Menurut  dr. Dharmeizar, SpPD-KGH dari Divisi Ginjal-Hipertensi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, minum air putih  terbukti dapat mencegah penyakit seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Selain itu, minum air putih juga dapat membantu pembuangan racun, memperlancar hasil metabolisme, membantu terhindar dari penyakit maag dan sembelit.

    Hidup Sehat Pada Usia Jelita Bersama IndiHome
    Sumber gambar : Canva

     Melihat sederet manfaatnya, saya jadi semangat untuk mulai konsisten mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan harian tubuh.

    Tapi bagaimana caranya? Untung ada PaketInternet Cepat IndiHome, agar tidak lupa (maklum emak emak) saya pun mengunduh aplikasi pengingat minum air di Play Store. 

    2. Olahraga Teratur

    Cita-cita ingin sehat tapi malas olahraga

    Itu gue banget, bagi saya olahraga bukan sesuatu hal penting apalagi menyenangkan yang harus dijadikan hobi. Walaupun saya sangat terhibur jika menonton pertandingan olahraga favorit seperti sepakbola, badminton, dan tenis lapangan.

    Tapi akhir-akhir ini saya merasa badan makin bongsor tumbuh kesamping (masalah semua perempuan kayaknya kalau ini he he he) diiringi dengan sakit sendi pada pinggang dan kaki. Saya pun mulai mencari tahu penyebab rasa sakit yang saya derita. 


    Hidup Sehat Pada Usia Jelita Bersama IndiHome
    Sumber gambar: Pinterest

    IndiHome kembali menjadi penolong, Paket Internet Cepatnya membantu  menemukan berbagai artikel kesehatan online yang relate dengan masalah saya. Ternyata guys hampir semua artikel mengatakan rasa sakit dengan ciri-ciri seperti yang saya alami, dikarenakan adanya penambahan berat badan dan kurangnya aktivitas fisik.

    “Oh, no ini tidak boleh dibiarkan” saya tidak mau menjadi perempuan renta terlalu dini dan tidak ingin menghabiskan masa tua di ranjang rumah sakit. Amit-amit pokoknya.

    Saya pun mulai memaksakan diri joging  dengan menggandeng partner (beuh gaya beut) yaitu teman-teman circle terdekat biar semangat, kadang ditemani sama suami juga kalau  pas weekend. Tapi olahraga dengan mereka  banyak drama dan jajannya aja wkwkwk.

    Agar healthy goals-nya tercapai saya pun memutuskan mulai tahun 2023, akan berolahraga yang  bisa dilakukan di rumah dan pilihannya jatuh pada taichi. 

    Hidup Sehat Pada Usia Jelita Bersama IndiHome
    Sumber gambar: Pinterest
    Kenapa memilih taichi? Karena menurut artikel yang dimuat pada laman ALODOKTER, gerakan taichi yang lembut membuat otot dan sendi tidak terbebani sehingga baik untuk menjaga kesehatan otot dan sendi. Ini sih, menjawab kebutuhanku banget.

    Artikel tersebut juga menyebutkan empat manfaat taichi bagi kesehatan yaitu:

    a. meningkatkan kelenturan dan keseimbangan;

    b. mampu memperkuat otot;

    c. memiliki manfaat sama seperti aerobik;

    d. mengurangi resiko penyakit jantung diabetes dan stres.

    Kebetulan suami beberapa tahun lalu pernah belajar taichi secara privat dari seorang guru. Kalau gerakannya ada yang lupa gampang aja, saya tinggal lihat videonya di youtube dengan menggunakan Paket Internet Cepat IndiHome dari Telkom Indonesia yang selalu ngebut tanpa buffering, jadi lebih mudah mempelajari gerakan-gerakannya. 

    3. Memperbaiki Pola Makan

    Ini nih yang paling menantang, duh banyak banget godaannya apalagi dengan menggunakan Paket Internet Cepat IndiHome, notifikasi selalu murudul tanpa hambatan. Termasuk dari layanan pesan antar makanan yang selalu menggoda dengan berbagai promo dan gratis ongkir.

    Tapi seperti kata pepatah cita-cita besar perlu usaha yang besar, bismillah saya akan memperbaiki pola makan dengan cara:

    a. Mengganti nasi putih dengan nasi merah

    Awalnya saya ragu mau mengganti nasi putih menjadi nasi merah dalam konsumsi harian keluarga kami. Karena banyak yang mengatakan beras merah, nasinya pera alias tidak pulen dan hambar (tidak ada manis-manisnya).

    Tetapi ternyata, setelah saya browsing menggunakan Paket Internet Cepat IndiHome nasi merah memiliki sederet keunggulan dibandingkan dengan nasi putih. Seperti  yang dilansir dalam NOURISH by WebMD, beras merah memiliki empat manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan rutin yaitu :

    ·         Mengurangi risiko diabetes

    Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah setelah makan. Sebuah penelitian menunjukan dengan memakan tiga porsi biji-bijian utuh seperti beras merah perhari, risiko terkena diabetes dapat berkurang sampai 32%.

    ·         Meningkatkan kesehatan jantung

    Beras merah banyak mengandung nutrisi yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, beras merah juga mengandung kadar Magnesium tinggi yang dapat meminimalisir risiko terkena penyakit jantung sebesar 22% dan stroke 12%.

    Hidup Sehat Pada Usia Jelita Bersama IndiHome
    Sumber gambar : Pinterest

    ·         Mengontrol kenaikan berat badan

    Nasi merah  banyak mengandung serat sehingga orang yang  mengkonsumsi beras merah akan merasa kenyang lebih lama dengan kalori yang lebih rendah. Oleh karena itu, beras merah dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi indeks massa tubuh.

    ·     Mengandung banyak nutrisi

    Beras merah memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yaitu kalori, protein, lemak, karbohidrat, dan serat. Beras merah juga kaya akan fenol dan flavoid yaitu anti oksidan yang membantu mengurangi kerusakan sel dan risiko penuaan dini. Serta banyak mengandung vitamin dan mineral yaitu Kalsium, Besi, Mangan, Magnesium, Fosfor, Selenium, Vitamin B1 (tiamin), vitamin B6 (piridoksin). 

     b. Memperbanyak konsumsi sayur, buah dan say no pada daging merah

    Sederet manfaat mengkonsumsi sayur dan buah sebagai makanan yang kaya akan serat dan vitamin, rasanya sudah hapal di luar kepala. Para ahli sudah banyak membahasnya di berbagai seminar, buku, artikel, dll. Tapi kumaha atuh? Saya lebih suka nyemil bala-bala, comro, cireng, goreng pisang, cilok, bakso, seblak dll (duh jadi lapar wkwkwkwk) daripada mengkonsumsi buah dan sayur.

    Beruntung saya menemukan sebuah video yang diakses dengan Paket Internet Cepat Indihome. Video tersebut membagikan cara mengkonsumsi sayur dan buah dengan enak tanpa drama yaitu dengan dibuat jus atau smoothies.  

    • Hidup Sehat Pada Usia Jelita Bersama IndiHome
      Sumber gambar : Pinterest 

    Saya juga akan meniadakan daging merah dari konsumsi harian, karena akhir-akhir ini sering merasa pusing jika sudah makan daging merah dan olahannya. Menurut sebuah artikel yang dimuat dalam Kompas.com hal tersebut salah satunya disebabkan karena daging merah mengandung kolesterol  tinggi yang menyebabkan naiknya tekanan darah.

    Tekanan darah tinggi ini merupakan pemicu penyakit hipertensi yang membuat sakit kepala. Duh serem banget jadi lebih baik bye bye bye deh.

    Bismillah semoga dengan dukungan Paket Internet Cepat IndiHome dari Telkom Indonesia, saya bisa konsisten menjalani hidup sehat sehingga “Usia Hanya Deretan Angka” bukan sekedar jargon.

    Sumber :

    https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-bekasi/baca-artikel/13801/Minum-Air-Putih-Hal-Sederhana-yang-Sering-Terlalaikan.html#:~:text=Melansir%20dari%20Rhitrion%2C%20yaitu%20klinik,berat%20badan%20(dalam%20kilogram).

    https://www.liputan6.com/health/read/2022419/makin-tua-makin-sedikit-anda-boleh-minum-air#:~:text=Menguatkan%20pernyataan%20tersebut%2C%20dokter%20spesialis,harus%20kurang%20dari%201%20liter.

    https://www.alodokter.com/tai-chi-kehebatannya-berbanding-lurus-dengan-manfaat-kesehatannya

    https://www.webmd.com/diet/health-benefits-brown-rice#:~:text=Many%20of%20the%20nutrients%20in,to%20heart%20disease%20and%20stroke.

    https://www.kompas.com/parapuan/read/533372888/pusing-setelah-makan-daging-bisa-jadi-karena-3-hal-ini-yang-jadi-penyebabnya#:~:text=Mengutip%20dari%20Sajian%20Sedap%20via,hipertensi%20yang%20membuat%20sakit%20kepala.

  • You might also like

    14 comments:

    1. Goal tahun ini keren banget Mbak. Sayapun mengagendakan olahraga teratur nih, tapi mengganti nasi merah ini agak susah, selain rasanya yang agak hambar, trus yang makan saya sendiri, he..he.. Semoga goal tahun ini tercapai Mbak.

      ReplyDelete
    2. Saya juga sudah usia jelita, Mbak. Waktu begini memang sudah saatnya fokus pada menjaga kesehatan. Dengan upaya di atas, sehat selalu ya, Mbak.

      ReplyDelete
    3. Semoga kita semua bisa sehat2 selalu ya, Mbak. Bisa ketemu bulan Ramadan dan menjalaninya dg bahagia. Aamiin

      ReplyDelete
    4. Bermanfaat banget ya mbak dengan dukungan paket internet cepat tuh. Semangat ya mbak untuk konsisten menjalani hidup sehat🙌. Angka hanya sekadar angka saja memang betul, lo. Tetap produktif dan bahagia

      ReplyDelete
    5. Wah wah saya yang juga jelita ini patut juga mempersiapkan diri untuk lebih teratur lagi

      ReplyDelete
    6. Goals hidup sehat ini harus diiringi dengan tekad yang kuat dan tips yang bisa diperoleh dari akses bacaan atau aplikasi menggunakan internet cepat. Kebayang menjalaninya... kudu banyak-banyak, bismillah.. semoga dimudahkan.
      Heheh.. soalnya aku juga lagi bertekad minum air mineral, no sugar. Jadi bener-bener nge-rem minuman manis yang lagi tren. Padahal kadang-kadang pengen juga ya.. minum seger yang lucu-lucu beli online gitu..

      ReplyDelete
    7. Btw saya juga lagi berjuang untuk menurunkan kadar trigliserida nih mba, lepas menyusui langsung terdeteksi tinggi wkwkwk. Kalau lagi tinggi biasanya ngefek ke kaku leher. Mirip2 kalo kolesterol tinggi. Tips nya bakal saya coba nih

      ReplyDelete
    8. Perjalanan untuk hidup sehat ini mudah-mudah sulit sih ya Kak. Tantangannya dr lingkungan sih. Semangat untuk resolusi hidup sehatnya ya, Kak. Semoga dilancarkan :D

      ReplyDelete
    9. Bener banget ya usia itu hanyalah deretan angka. Menjaga kesehatan dengan mencari tahu informasi dari internet pun saya sering lakukan. Memperbaiki pola hidup sehat emang harus diusahakan dan harus konsisten menjalankannya

      ReplyDelete
    10. Aplikasi apa yang digunakan untuk mengingatkan minum air putih mba?
      Olahraga Taichi ini bisa membantu mengencangkan perut pasca melahirkan nggak mba?

      ReplyDelete
    11. Wah iya sepakat juga bahwa sehat bukan hadiah tapi suatu hal yang perlu diupayakan. Nah nah. Suamiku juga memanfaatkam workout dirubah modal internet cepat dr indihome

      ReplyDelete
    12. Iya nih, aku sering olahraga smbil liat video yutub, jd koneksi internet itu penting banget buat aku.

      ReplyDelete
    13. nggak ada internet tu gak ada hiburan kak, wkwkw healing new mom ya internetan ngedrakor

      ReplyDelete
    14. Kadang kehadiran internet bisa jadi penunjang semangat kita berolahraga, misalnya zuma lewat youtube. Paket internet lancar adalah penunjang kebugaran manusia hehe

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.