-->
  • Resep Konsisten Baca Buku Ala Aku

     

    Resep Konsisten Baca Buku Ala Aku

    Resep Konsisten Baca Buku Ala Aku- Hai teman-teman tidak terasa ya, sekarang sudah mau memasuki pekan terakhir di bulan Januari. Siapa hayoo? Yang mempunyai resolusi  tahun barunya konsisten baca buku. 

    Apa kabarnya guys resolusi kalian?

    Emang sih di tengah kesibukan yang segambreng, untuk konsisten baca buku ini perlu effort yang besar. Tapi bukan berarti tidak bisa lho, Cuma perlu dibiasakan aja.

    Menurut sebuah penelitian untuk membangun sebuah kebiasaan, manusia hanya memerlukan waktu sekitar 21 hari aja. Tidak lama kan? Selanjutnya gass poll nikmati semua buku kesukaan kalian.

    Terus gimana dong caranya agar konsisten membaca? Sini aku bisikin resep rajin baca ala aku

    Resep Konsisten Baca Buku Ala Aku

    1. Big Why

    Pertama-tama teman-teman harus menentukan big why atau niat kenapa kalian harus membaca. Ini penting banget, soalnya niat ini semacam bahan bakar yang akan selalu menjaga semangat membaca kita agar terus hidup.

    Terserah teman-teman deh niatnya mau apa aja. Tapi biar berpahala kalau aku sih niatnya, membaca karena Allah dalam rangka menjalankan perintah- Nya. Kan ayat pertama yang diwahyukan kepada Rasulullah Saw adalah perintah membaca.

    Menurut Quraish Shihab, alasan Allah menurunkan perintah membaca kepada Rasulullah Saw sebagai wahyu pertamanya. Padahal beliau adalah seorang yang ummi dan masyarakat Quraisy pada waktu itu juga bukan komunitas yang tinggi peradabannya. 

    Kenapa coba? karena membaca adalah kunci terbentuknya sebuah peradaban, yang hanya dapat dibangun melalui ilmu pengetahuan. Sedangkan ilmu pengetahuan itu sendiri hanya bisa diperoleh melalui membaca dan hati yang bersih.

    Resep Konsisten Baca Buku Ala Aku


    2. Baca Buku Kesukaan

    Kalau awal-awal jangan baca buku yang berat-berat, baca aja buku dengan genre kesukaan biar tidak cepat bosan, dan luntur semangat bacanya. Baik fiksi, non fiksi, maupun komik. Jangan pernah minder dengan bacaan kita, kalau menurut aku sih sereceh apapun sebuah bacaan pasti ada ilmu atau pelajaran yang dapat diambil.

    3. Target Target

    Buat target baca biar lebih  terukur progressnya baik berdasarkan durasi maupun banyak halaman, sesuai dengan aktivitas masing-masing. Misalnya satu hari 5 halaman atau membaca 15 menit sebelum tidur.

    Resep Konsisten Baca Buku Ala Aku


    4. Singkirkan Segala Sumber Distraksi

    Saat ini yang paling mengganggu kekhusuan membaca adalah notifikasi yang terus berbunyi, minta perhatian. So sebelum baca, aku selalu memastikan gadget berada dalam mode pesawat. Dunia tidak akan kiamat juga kan, kalau kita menjauh beberapa saat dari dunia per medsosan.

    5. Simpan Buku di Tempat yang Mudah Terlihat

    Biar enggak lupa dan mood baca jadi berantakan gara-gara bukunya menghilang, taro deh bukunya di tempat yang kira-kira mudah terlihat. Terus kalau aku, buku yang sedang dibaca selalu dijadikan item wajib yang harus dibawa ketika pergi.

    Jadi kalau ada kesempatan misalnya sedang nunggu bis, sedang  nunggu angkot atau sedang antri di bank daripada bengong atau scroll-scroll anfaedah mending baca buku. Maklum aku kan masih belum bisa move on dari buku fisik, apalagi yang seneng baca e book banyak banget kesempatan untuk baca buku kesayangan diantara jeda aktivitas.

    Resep Konsisten Baca Buku Ala Aku


    6. Reading Planner

    Buat reading planner teman-teman untuk menetapkan target berapa buku yang mau dibaca. Judulnya apa? Atau target buku apa yang mau dibeli. Reading planner ini bantu banget untuk tetap konsisten membaca.

    Biar nambah seru dan semangat bacanya, coba deh teman-teman bikin desain sendiri reading plannernya. Idenya banyak banget di pinterest.

    7. Ikut Komunitas Baca

    Bener deh, saya rasakan banget dengan ikut komunitas baca atau komunitas book  lover semangat baca jadi semakin menyala. Selain menambah temen, dengan berkomunitas juga bisa saling bertukar informasi tentang buku-buku bagus karya penulis keren.

    Apalagi kalau komunitas bukunya punya program-program keren, seperti Klub Suka Buku. Setiap awal bulan masing-masing member diwajibkan untuk bikin TBR di media sosial dan pada akhir bulan membuat ulasannya.

    Ada juga program bedah buku dari penulis-penulis keren seperti Dee Lestari, Kirana Kejora dll, setelah itu kita pun diharuskan membuat ulasannya dan yang terbaik dapat hadiah buku yang dibedah. Namun sayang komunitas ini pelan-pelan mati suri karena ditinggal banyak pengurusnya. Sedih Deh.

    Tanpa saya sadari, kebiasaan rutin menuliskan  TBR (to be read) dan mengulas buku selain ritme baca semakin terjaga. Ada bonus lain yang tidak disangka-sangka  yaitu mempunyai ketertarikan terhadap dunia tulis menulis.

    Selamat mencoba teman-teman semoga bisa konsisten membaca, karena membaca itu keren dan mengasyikan.

  • You might also like

    15 comments:

    1. Wahhh iya betul jugaaa penting bgt untuk ber-komunitas yaahh
      Baiklaaa, aku mau cari komunitas baca juga d sby.
      Makasii makasiii

      ReplyDelete
    2. kayaknya seru kalau gabung komunitas baca buku, sebab jika hanya motivasi sendiri banyak distraksi yang ngga bisa disingkirkan, bukan ke medsos sih, tapi lebih ke prioritas melakukan hal lain.. akhirnya baca bukunya jadi ketunda mulu.. mungkin kalau ada semacam kewajiban karena gabung di komunitas, jadi lebih disiplin

      ReplyDelete
    3. Waaah, aku setuju nih rak bukunya di taruh di tempat yang biasa dilewati berarti ya.

      Semangaaaat

      ReplyDelete
    4. Konsisten itu memang PR banget ya, Kak. Hihi. Kalau saya, yang paling berasa banget bikin semangat baca tuh ikutan komunitas (soalnya kalau nggak konsisten ntar di-kick).😜

      ReplyDelete
    5. yang belums aya cobain ikut komunitas suka baca niy mba, aku pengen ikutan tapi belum nemu komunitasnya. Boleh sharing mba kalau misalkan udah gabung komunitasnya. Selama ini untuk bertahan tetap membaca saya membaca apa yang saya suka meskipun kadang ada titik jenuhnya

      ReplyDelete
    6. Yang sering jadi masalahku ketika baca buku akhir2 ini adalah sering ngantuk. Pdhl dipake scroll sosmed berjam2 gpp, tapi dipake baca baru dapat 2 lembar dah ilang aja. Dulu mau baca 1 buku tebal dalam semalam, ya hajar aja. Makin payah nih mataku.

      ReplyDelete
    7. Aku ada buku yang ingin dibaca tapi agak susah buat namatinnya Mba. Soalnya sekarang ini mudah terdistraksi perhatiannya deh. Pernah lagi baca buku, mungkin karena terlalu serius Dan anteng. Anakku ngambek, dia ambil buku yang aku baca terus disembunyiin di bawah kasur. Hehe

      ReplyDelete
    8. Makasih tips nya mbak. Mau coba ah..memang harus dipaksakan ini

      ReplyDelete
    9. Udah pernah coba semua kecuali gabung komunitas. Kayaknya harus coba gabung komunitas baca biar ada temannya

      ReplyDelete
    10. Wah, termasuk dalam salah satu resolusi tahun ini nih Mbak. Lebih banyak membaca buku. Walau kadang masih baca buku digital, tapi setidaknya mulai dirutinkan agar bisa konsisten baca ya.

      ReplyDelete
    11. Was avid reader, trus jaman kuliah benar-benar hampir ga loh. Terus abis kuliah alhamdulillah mulai bisa rutin lagi. Caranya versi aku baca buku "receh" dulu sama netapin target baca yang tentu ga muluk muluk

      ReplyDelete
    12. Kebetulan aku juga mau mulai baca buku. Ternyata harus konsisten minimal 21 hari ya? Walau kesibukan segambreng, Bismillah bisa.

      ReplyDelete
    13. Dengan berkomunitas, secara gak langsung saling berbagi virus kebaikan ya..
      Kalau komunitas buku, aku paling suka pas ada sesi berbagi. Serasa ikutan baca bukunya juga.
      Akutu lagi kesulitan menemukan genre buku yang aku bener-bener butuhkan saat ini. Ujung-ujungnya, kaya cuma dapet baca bab 1 dan bab akhir, terus udahan.
      HUhu...plis kasih aku semangaaattt~

      ReplyDelete
    14. aku lagi berusaha untuk mulai membaca nih, masih belum konsisten banget. ide bagus juga kalau gabung dengan komunitas mungkin bisa lebih produktif bacanya ya dan lebih banyak referensi juga

      ReplyDelete
    15. Mau dong mbak info klub bacanya. Ini beneran malas baca karena gak termotivasi. Harus disemangati terus. Harus dikejar-kejar. Sama kaya ngeblog, gak update kalau gak dipaksa.

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.