-->
  • Animal Farm : Satire Politik dan Kekuasaan

     

    Animal Farm : Satire Politik dan Kekuasaan

    Animal Farm George Orwell
    - Aku tuh serasa keren dan bangga gitu baca buku ini. Kenapa coba? Karena buku ini legend banget guys. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1945, dan sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Terus masih banyak yang nyari sampai sekarang lho (apakah kamu salah satunya?) dahsyat kan?

    Juaranya lagi, buku ini bersama karya Orwell lainnya yaitu novel yang berjudul 1984. Mengantarkan penulis yang berasal dari negara King Charles ini, ke jajaran sastrawan kondang Inggris bahkan dunia.

    Animal Farm Berkisah Tentang apa?

    Buku yang terdiri dari 10 bab ini bercerita tentang sekelompok binatang, penghuni Peternakan Manor milik seorang pemabuk berat yang bernama Pak Jones.

    Kisah berawal ketika si babi Putih-Tengah yang akrab dipanggil dengan sebutan si tua Major mengalami mimpi yang aneh pada malam sebelumnya. Semua binatang sangat antusias ketika mengetahui hewan yang sangat mereka hargai itu akan menyampaikan mimpinya, walaupun harus mengorbankan jam tidur mereka.

    Kecuali Moses, si gagak jinak yang tertidur pada tengeran di balik pintu belakang. Semua binatang menghadiri dan menyimak dengan baik setiap perkataan yang keluar dari mulut si tua Major, dalam  pertemuan yang diadakan di lumbung besar.

    Malam itu si Tua Major memberikan pencerahan kepada semua penghuni peternakan. Bahwa mereka selama ini hidup sangat menderita. Semua yang mereka miliki berupa tenaga, susu, telur, serta daging hanya dinikmati oleh manusia. Oleh karena itu, para binatang harus melakukan pemberontakan untuk menyingkirkan keberadaan manusia, agar dapat hidup makmur dan bebas dari kerja keras. Pertemuan malam itu menghasilkan sebuah resolusi

    “ Semua Manusia adalah Musuh. Semua Binatang adalah Kamerad”

    Tiga hari kemudian si Tua Major mati, jasadnya dikuburkan di kebun buah-buahan. Namun pemikirannya tetap hidup dan menyala dalam kepala semua binatang.

    Selanjutnya pekerjaan mengajar dan mengorganisasi binatang  lainnya, jatuh kepada para babi  yang dikenal sebagai binatang paling cerdas.

    Terdapat tiga babi paling unggul di peternakan itu, adalah

    1. Napoleon

    Babi Berkshire ini, tidak banyak bicara namun dikenal sering mengikuti kemaunnya sendiri.

    2. Snowball

    Walaupun dianggap oleh kawan-kawannya tidak memiliki kedalaman karakter. Snowball lebih bersemangat dibanding Napoleon, lebih cepat dalam berbicara dan suka menemukan hal-hal baru.

    3. Squealer

    Babi potong berkelamin jantan ini, memiliki pipi yang sangat bulat namun gerakannya lincah dan suaranya melengking. Ia adalah pembicara yang cerdas, piawai meyakinkan lawan bicaranya. Tidak heran ada yang mengatakan bahwa Squealer bisa merubah hitam menjadi putih.

    Ketiga babi  teresebut mengelaborasi pemikiran Si Tua Major ke dalam sebuah sistem pemikiran yang komplet, yang dikenal dengan Binatangisme.

    Prinsip Binatangisme itu kemudian mereka jabarkan ke dalam tujuh perintah, setelah mereka berhasil mengkudeta peternakan itu dari Pak Jones.

    Kekuasaan Dapat Merubah Seseorang

    Terdapat ungkapan yang begitu populer yang dikenal dengan 3 ta yaitu harta, tahta, dan wanita. Ketiga hal tersebut merupakan pesona dunia yang sangat sulit dilalui oleh manusia ketika mereka mendapatkannya.

    Dalam cerita ini, Orwell dengan piawai menggambarkan betapa kekuasaan dapat merubah pertemanan menjadi permusuhan yang keji. Dikisahkan ketika para binatang terbebas dari kekuasaan manusia, dan kehidupannya lebih sejahtera tanpa harus kerja keras, serta terbebas dari cambukan dan pukulan. Mulai timbul priksi antara mereka.

    Napoleon berkeinginan untuk menjadi penguasa tunggal peternakan Manor, dengan menyingkirkan Snowball untuk selama-lamanya. Karena dianggap terlalu banyak mengatur.

    Setelah usahanya berhasil, ia berkuasa dengan sangat arogan. Semua prinsip kesetaraan yang diusung dalam Tujuh Perintah dia singkirkan.

    Kondisi tersebut membuat para binatang merasa kewalahan dan hidup mereka lebih menderita dibanding pada masa Pak Jones. Hal itu pun memantik bentrokan antara manusia dan binatang kembali terjadi, dengan memakan korban yang tidak sedikit. 

    Animal Farm : Satire Politik dan Kekuasaan


    Animal Farm Buku Ringan Sarat Pelajaran

    Buku yang masuk ke Indonesia pada 1963 ini, walaupun tidak terlalu tebal dan ceritanya berbentuk fabel, yaitu kisah yang menceritakan tentang hewan yang berprilaku seperti manusia. Tetapi ringan bukan berarti kopong, banyak pelajaran yang dapat diambil hikmah dari buku ini, diantaranya:

    1. Mimpi menumbuhkan harapan

    2. Sebuah harapan menjadi kekuatan yang dapat merubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin

    3. Kerjasama

    4. Loyalitas dan keikhlasan untuk berjuang bersama meraih cita-cita

    Protes dengan Elegan

    Banyak cara yang dapat ditempuh untuk memprotes suatu kebijakan pemerintah, tidak hanya dengan turun ke jalan sambil membentangkan poster dan berorasi.

    George Orwell melalui karakter-karakter binatang dan dengan bahasanya yang ringan. Ia berteriak dengan lantang terhadap kediktatoran pemerintahan Stalin saat itu, dengan elegan.

    Recommended Book

    Animal Farm melalui kalimat-kalimatnya yang sederhana buku ini mengajak pembacanya untuk merenung, dan bermuhasabah tentang arti sebuah kekuasaan. Buku klasik yang sangat recommended banget  untuk dibaca.


    Judul Buku : Animal Farm | Penulis : George Orwell | Penerjemah : Prof Bakdi Soemanto | Penerbit : PT. Bentang Pustaka | Tahun Terbit : Desember 2021, Edisi II Cetakan ketiga belas | ISBN: 978-602-291-282-8 | Harga P. Jawa ; Rp. 49.000

  • You might also like

    23 comments:

    1. Waw sudah masuk cetakan ke-13, banyak peminatnya nih buku. Kalau buku tentang Fabel selalu sarat dengan makna kehidupan ya, Kak. Bisa banget nih masuk wishlist buku tahun ini. Belinya online atau di tokonya langsung, Kak? Kalau di toko, nama tokonya apa?

      ReplyDelete
    2. Sepertinya bagus ya buku ini. Benar-benar sarat makna. Bagian protes dengan elegan itu kepengennya bisa nulis seperti ini. Btw, enak baca ulasannya Kak. Mengalir.

      ReplyDelete
    3. Penasaran dengan bukunya, jika melihat sinospisnya sepertinya seru sekali isinya syarat akan makna yang dalam, dan ternyata buku yang masuk ke Indonesia udah lama juga ya tahun 1963

      ReplyDelete
    4. wah out of the box sekali buku ini tentang binatang. satire politik dan kekuasaan, penasaran endingnya gimana loh mbak

      ReplyDelete
    5. Buku yang memiliki nilai kehidupan ya. Saya kira ini buku ini mengajarkan Banyak hal tapi tidak dengan menggurui. Bagus. Jadi pengen punya bukunya jug

      ReplyDelete
    6. Wah buku yang isinya lumayan berat ya mbak
      Penuh nilai-nilai filosofis
      Tapi diceritakan dengan ringan ya mbak

      ReplyDelete
    7. Buku animal farm ini keren banget ya kak, sudah masuk di cetakan 13 berarti emang sebagus itu.

      ReplyDelete
    8. Kekuasaan hal yang penting dibahas oleh para calon penguasa betapa besar tanggung jawab yang mereka emban

      ReplyDelete
    9. Wah, beberapa waktu lalu sempat terpikir mau beli buku ini tapi belum kejadian. Bagus ya cerita dan penggambarannya Mbak. Bagaimana harta dan tahta berperan di semua aspek kehidupan.

      ReplyDelete
    10. Buku yang udah lumayan lama banget, penggambarannya mungkin juga bikin nostalgia. Aku pribadi kek.y belum pernah baca buku se-legend itu

      ReplyDelete
    11. Tiga ta , harta tahta wanita . Ini kaya semua orang udah paham bahaya nya ketiga ini. Dan dalam buku ini dikupas tuntas ya sudut pandangnya juga nyentrik sekali. Tapi berat dicerna kalau aku baca sendiri.hihi

      ReplyDelete
    12. Belum sempat baca George Orwell yang ini. Buku yang udah baca yang judulnya 1984. Dulu udah nyari buku ini, sebenernya ada versi bahasa Inggrisnya di tempat perpus yang saya incar. Tapi belum beruntung karena lagi dipinjem orang.

      ReplyDelete
    13. Ini buku bagus kata dosen ku. Aku belum sempat baca sih sayangnya. Melihat review ini langsung pengen cari bukunya

      ReplyDelete
    14. Ini tuh bukannya Orwell menyindir para penguasa yang diwakili dengan kepemimpinan si babi? Klo di dunia nyata kan tau sendiri babi itu binatang yang seperti apa. Kacau balau jadinya ketika diberi kekuasaan.

      Saya belum baca buku ini sih mbak, tapi kok mengikuti review di sini malah punya pemikiran begitu. Harus membacanya secara utuh nih kayaknya.

      ReplyDelete
    15. Buku yang keren, harus dibaca nih. Sindiran yang cerdas banget. Apalagi di jaman itu ya.

      ReplyDelete
    16. Kereeen ya penuliskan, karakter yg diciotakan pd binatang begitu pas dg sikon saat itu. waaah....berarti susah nih cari bukunya....makasih sdh mencerahkan Mba

      ReplyDelete
    17. Kalau buku Animal Farm bukan fabel ya..
      Karena karakter hewannya yang dibuat sebagai tokoh utama.
      Rasanya belajar banyak banget mengenai kebajikan hidup melalui karakter-karakter hewan. Mau jadi karakter yang seperti apa? Ini sih yang bolak-balik muncul ketika membaca buku yang dekat dengan kehidupan.

      ReplyDelete
    18. Harta, tahta, wanita. Ternyata dimana-man gitu ya mba. Aku pikir hanya di Indonesia aja. Menarik nih pembahasan bukunya

      ReplyDelete
    19. Another Orwell that I love! Doh nyes ya yang disatirin Orwell disini kejadian di masa ini. Kayak model-model gayanya si anjing sama Babi

      ReplyDelete
    20. Kan..kan..
      Jadi pengen baca. Udah lama juga gak beli buku. Luar biasa imajinasi penulisnya..

      Btw, klo sekarang udah nambah jadi 4 ta mbak: harta, tahta, wanita dan kuota. 😀😀😀

      ReplyDelete
      Replies
      1. wkwkwk iya bener banget mba tanpa kuota, orang-orang jaman sekarang susah hidup,

        Delete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.