-->
  • Rekomendasi 2 Tempat Sarapan Nikmat Di Tasikmalaya

    Rekomendasi 2 Tempat Sarapan Nikmat Di Tasikmalaya


    Jangan Lupa Sarapan

    Beberapa hari yang lalu, sahabatku mengirimkan potongan video dari sebuah podcast yang berdurasi sekitar 1 menit 15 detik. Dalam video tersebut, dokter muda nan cantik jelita yang menjadi narasumber mengatakan WHO sudah memberi peringatan. Bahwa dimasa depan, bukan Covid jenis A,B,C atau apalah yang akan menjadi pandemi tetapi obesitas.

    Lho kok obesitas?

    Iya betul obesitas. Menurutnya sekarang obesitas itu lagi gila-gilaan atau lagi booming banget, banyak pasiennya yang meminta tips ingin kurus. Padahal menurut perempuan berkacamata ini, obesitas itu dapat dicegah dengan sarapan. 

    Kita boleh melewatkan makan siang atau skip makan malam, tetapi sarapan ini wajib bin kudu harus dilakukan. Karena sarapan itu kalau di mobil ibarat t start engine jika tidak dinyalakan maka mesin akan cepat rusak. Begitupun dengan tubuh kita, jika tidak sarapan maka metabolisme tubuh tidak jalan. Jika metabolisme tidak jalan maka akan mengakibatkan tyroid, auto imun, diabetes, dan over weight.



    Waktu sarapannya juga harus tepat ya teman-teman yaitu dibawah jam 9. Hayooo ngaku siapa yang suka sarapan jam 11 siang biar dirapel sama makan siang? Itu sih hemat ya tapi tidak sehat wkwkwk.  

    Jadi teman-teman jangan lagi deh melewatkan sarapan. Sini-sini saya mau merekomendasikan dua tempat sarapan di Tasikmalaya yang bikin ketagihan.

    1. TO Benhil

    TO alias tutug oncom ini merupakan kuliner khas Tasikmalaya, yang sangat melegenda. Teteh-teteh, ibu-ibu, emak-emak, aa aa, bapak-bapak pabalatak yang jualan TO di Tasik. Selain harganya murah, ketika dihidangkan dengan berbagai pelengkapnya seperti sambal tomat, sambal terasi , gorengan tempe (cipe), ikan asin plus timun dan sejumput leunca. Rasanya so yummy bikin ketagihan.

    Tapi diantara sekian banyak pedagang pasti dong ada yang paling terkenal. Seperti kata ungkapan ada jutaan bintang di langit tetapi ada satu yang paling cerah bersinar.

    Rekomendasi 2 Tempat Sarapan Nikmat Di Tasikmalaya
    Sumber Gambar: Tripadvisor


    Nah dari sekian banyak yang jualan TO ada satu yang paling terkenal di Tasikamalaya yaitu TO Benhil, tempatnya sangat sederhana. Terletak di dalam Komplek Olahraga Dadaha Tasikmalaya, tidak jauh dari kampus UPI Tasikmalaya.

    Kenapa dinamakan TO Benhil?

    Benhil (mirip dengan nama tempat di Jakarta ya?) itu berasal dari singkatan bendungan hilir karena lapak TO ini persis terletak di samping saluran irigasi Cimulu.

    Jam Operasional

    TO Benhil buka dari jam 7. 30 Wib sampai waktu yang tidak ditentukan pokoknya sampai abis deh jualannya. Harganya satu porsi makan disini dijamin tidak bikin dompet jebol, satu porsi dibanrol dengan harga cuma Rp. 9000. Walaupun sangat murceu tapi jangan underestimate dulu teman-teman, nasi TOnya itu gurih pisan dijamin bikin ketagihan.

    Kalau mau makan disini, teman-teman harus menyiapkan stok kesabaran agak banyak, soalnya antriannya lumayan panjang.  Saking banyaknya yang antri kadang gorengan tempe (Cipe) nya  itu, saya lihat digoreng hanya sebentar atau setengah mateng tapi anehnya kok enak ya? Sambalnya juga endes tingkat kepedasannya pas untuk dikonsumsi dipagi hari.

    2. Bubur Ayam Kalektoran H. Zenal

    Waktu saya baru pindah ke Tasikmalaya sekitar tahun 2010-an,  seorang teman merekomendasikan tempat makan bubur ayam yang berdiri sejak tahun 1969 ini (Wow legend banget). Bahkan konon katanya bubur ini sudah mulai dijajakan menggunakan gerobak mulai tahun 1961.  Dia bilang kalau belum makan bubur di Bubur H. Zenal tidak sah jadi orang Tasik. Aya- aya wae .

    Meskipun terletak di dalam gang yang cukup sempit, hanya bisa dilalui satu motor, sekitar 20 meter dari jl. Ikik Wiradikarta. Bubur ini banyak diserbu pembeli, padahal harganya menurut saya yang biasa makan bubur yang lewat depan rumah sepuluh ribu satu mangkuk. Bubur disini cukup mehong yaitu Rp. 40.000 satu porsi dan Rp. 25.000 untuk setengah porsi.

    Rekomendasi 2 Tempat Sarapan Nikmat Di Tasikmalaya


    Kok bisa sih semahal itu? seperti kata pepatah “Ada Harga Ada Rupa”.

    Tidak bisa dipungkiri bubur H.Zenal ini selain porsinya lumayan jumbo dan rasanya yang umami dengan resep turun temurun, topingnya dooong mantap banget. Cakue, ati ampela, bawang goreng, dan suwiran daging ayam kampungnya melimpah ruah jadi beneran bubur ayam sesungguhnya.

    Rekomendasi 2 Tempat Sarapan Nikmat Di Tasikmalaya


    Bubur H. Zenal ini bisa teman-teman kunjungi pagi buka dari jam 06.00 sampai jam 10.00 atau sore dari jam 16.00 sampai jam 21.00.

    Nah kalau teman-teman lagi berkunjung ke Tasik, jangan lupa untuk sarapan di TO Benhil dan Bubur Zenal. 
  • You might also like

    9 comments:

    1. Itu sambalnya enak banget keknya, sebenarnya tidak rekomended ya sarapan pakai sambal gitu, bahaya.
      Bikin nasi cepat abis, hahahaha.
      Menarik nih rekomendasi tempat sarapannya, wajib dicoba kalau ke sana

      ReplyDelete
    2. Suka banget sama sambal sambalan. Pingin coba ah next bikin sendiri

      ReplyDelete
    3. Oalah iya, pas baca benhil aku auto ingat bendungan hilir jakarta
      Wah bubur ayamnya sangat menggoda

      ReplyDelete
    4. Saya suka bubur ayam, apalagi cakuenya, kalau porsinya jumbo mungkin bisa dimakan berdua ya sama pasangan wkwk

      ReplyDelete
    5. Kalau harga bubur mahal tapi tetap banyak pelanggannya berarti rasa terbaik. Ke tasik tanpa makan TO tuh kaya ada yang kurang, cuma aku biasanya beli nasi TO di deket upi tasik

      ReplyDelete
    6. Bagus banget nih, cocok buat dengan menunya, nggak bikin dompet kering juga.

      ReplyDelete
    7. Sepakat. Sarapan memang tidak boleh dilewatkan. Kalau orang Sunda bilangnya bisa bikin "salatri". Saat perut sudah terisi pun, kalau sarapannya telat tetap bikin nggak bikin badan enakan.

      ReplyDelete
    8. sarapan dgn kearifan lokal dan rama di dompet.

      ReplyDelete
    9. Oh gitu ya kak konsep sarapan, aku sering keskip sarapan karena buru buru kerja. Tiba tiba udah siangan aja. Ternyata sarapan bagus banget ya untuk start hari

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.