-->
  • 12 Tahun IIDN Wujudkan Impian Perempuan

     

    12 Tahun IIDN Wujudkan Impian Perempuan

    Rasanya seperti mimpi ketika salah satu tulisan saya di blog, nangkring pada halaman pertama pencarian Google. Saking senengnya, sampai menitikan air mata. Prestasi luar biasa bagi saya bloger newbie yang pada waktu SD, langganan dapat nilai 6 ketika pelajaran mengarang wkwkwk.

    Kok Sekarang Jadi Suka Nulis?

    Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambah usia lingkar pertemanan semakin mengecil. Ditambah anak-anak pun mulai menginjak remaja, mereka sudah tidak seberapa memerlukan bimbingan emaknya dalam beraktivitas. Hal itu menyebabkan hari-hari yang saya lalui menjadi kurang berwarna.

    Mulai saat itulah saya mulai suka “curhat” beretika di media sosial, mendongengkan berbagai kegiatan sehari-sehari atau sesuatu hal yang kira-kira bermanfaat untuk dibagikan.

    Seiring berjalannya waktu, ternyata kebiasaan menulis ini membuat saya merasa lebih sehat, terhibur dan bahagia. Kok bisa? Jangan heran teman-teman, menurut sebuah artikel yang dimuat dalam Hallo Sehat ada 7 manfaat menulis bagi kesehatan.

    12 Tahun IIDN Wujudkan Impian Perempuan


    Manfaat Menulis Bagi Kesehatan

    1. Membantu Memulihkan Emosi

    Menulis membantu mengekspresikan emosi sehingga menjadi salahsatu cara untuk mengurangi stress yang dapat merusak kesehatan fisik, mental dan emosional seseorang. Hasil penelitian yang dimuat dalam Advances In Psychiatric Treatment pun menyebutkan, menulis secara teratur selama 15-20 menit setiap 3-5 hari selama 4 bulan, dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi hati.

    2. Mengasah Memori

    Selain dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat, menulis juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif, merupakan  kemampuan seseorang dalam berpikir dan mengolah informasi yang cukup rumit

    3. Membuat Lebih Terorganisir

    Kebiasaan menulis secara tidak sadar akan membuat hidup akan lebih terorganisir, misalnya ketika  menuliskan kegiatan sehari-hari yang dimulai dari pagi sampai malam. Kita akan dapat melihat bagian-bagian penting dari aktivitas pada hari itu. Sehingga dapat dilakukan lagi pada lain hari.

    4. Meningkatkan Kualitas Tidur

    Menuliskan hal positif dan negatif yang terjadi pada hari itu selama 15 menit sebelum tidur, dapat meningkat kualitas tidur.

    5. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

    Menulis merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dengan diri sendiri maupun dengan orang lain. Dengan menulis, kemampuan mengolah kata, kalimat, kosa kata akan meningkat. Sehingga secara tidak sadar meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

    6. meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Intermountain Healtcare menyebutkan,orang-orang yang terbiasa menuliskan perasaannya secara ekspresip akan membuat kekebalan tubuhnya akan semakin meningkat.

    7. Meningkatkan Kesehatan Emosional

    Menulis dapat membantu otak untuk mengatur emosi baik sedih maupun bahagia. Itulah sebabnya saat seseorang menuliskan apa yang dirasakannya akan merasa lega.

    Dari kebiasaan menulis status receh di media sosial, lama-lama saya menjadi jatuh cinta dengan dunia ini. Semakin diselami semakin faham, menulis dapat membuka berbagai peluang bagi diri saya untuk terus berkembang menjadi perempuan berdaya yang mampu mewujudkan impian. Tentunya dengan S & K yang berlaku ya teman-teman karena di dunia ini tidak ada yang gratis Kasandra. 

    Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi penulis sukses adalah konsisten. Bagi orang moody seperti saya, untuk bisa konsisten menulis ini agak sulit juga pada awalnya. 

    Untuk itulah saya mencari teman -teman satu frekuensi dan lingkungan menulis yang kondusif. Karena menurut James Clear dalam bukunya yang berjudul Atomic Habits.

    "Lingkungan adalah tangan-tangan tidak terlihat yang dapat membentuk manusia"

    Beruntung suatu hari, Allah mempertemukan saya dengan komunitas menulis perempuan online di facebook yang bernama Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN).

    12 Tahun IIDN Wujudkan Impian Perempuan
    Sumber Gambar : Grup Facebook IIDN 


    Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN)

    Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) merupakan komunitas perempuan menulis yang didirikan oleh Indari Mastuti pada tanggal 24 Mei 2010. Komunitas ini lahir, pada saat perempuan yang akrab dipanggil Teh Iin ini tengah berada dalam keterpurukan.

     Pada saat itu perusahaannya, Indiscript Creative, mengalami kebangkrutan dengan kehilangan banyak pelanggan. Tetapi tidak menghalanginya untuk tetap berbuat positif bagi pemberdayaan perempuan.

    Ia yakin jika ibu rumah tangga seperti dirinya mampu produktif menulis, maka ibu-ibu rumah tangga lainnya juga bisa. Sesuai dengan visi Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) yaitu menelurkan penulis-penulis baru di kalangan ibu rumah tangga.

    Pada awalnya, IIDN dibentuk untuk memenuhi kebutuhan Indiscrift akan penulis buku yang akan diajukan kepada penerbit mayor untuk bekerjasama. Namun sejak tahun 2017, IIDN tidak hanya fokus pada bidang perbukuan tetapi juga menggarap bidang penulis lainnya seperti blog.

    Tahun ini IIDN berulang tahun yang ke 12. Dibawah kepemimpinan Widyanti Yuliandari komunitas  ini telah berkembang menjadi komunitas penulis  besar, yang memiliki Korwil aktif dibeberapa kota besar di Indonesia.

    Anggotanya mencapai 21 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa tempat di luar Indonesia, dengan rentang usia 20 hingga 80 tahunan. Mulai dari ibu rumah tangga, karyawan, business woman, full time writer and blogger dll.

    Para penulis perempuan yang tergabung dalam IIDN , telah menghasilkan karya lebih dari 4000 buah. Tersebar diberbagai penerbit kenamaan Indonesia seperti Gramedia, Elex media, Penebar dan berbagai media kondang lainnya.

     


    12 Tahun IIDN Wujudkan Impian Perempuan
    Artikel yang dimuat pada halaman pertama Google


     Saya dan IIDN

    Bagi saya, IIDN bukan hanya komunitas untuk sekedar tempat nongkrong-nongkrong online. Dengan berbagai programnya, IIDN telah menjadi ladang subur sebagi tempat bertumbuh untuk mewujudkan impian sebagai bloger.

    Diawali dengan mengikuti kelas gratis , dengan syarat harus membeli buku yang berjudul Ngeblog dari Nol karya  Widyanti Yuliandari, Nunu Amir dan Alfa Kurnia.  Lahirlah sebuah blog life style sederhana www.oemyikbar.com.

    Buku ini membahas dengan lengkap mengenai seluk beluk cara membuat blog , mencari ide tulisan, memberi garnish pada blog , tips pemilihan foto dan masih banyak lagi. Pokoknya lengkap banget deh. Kerennya lagi, buku ini juga dilengkapi dengan Blog Planner.

    12 Tahun IIDN Wujudkan Impian Perempuan


    Walaupun umur  blog saya masih seumur jagung, tetapi bersama IIDN saya mulai merasakan berbagai peluang yang bisa diperoleh dengan ngeblog. Diantaranya saya berkesempatan untuk bergabung dalam grup Blog Walking IIDN. Dengan rutin ber- blog walking selain meningkatkan jumlah kunjungan, juga menambah jaringan pertemanan dan meningkatkan semangat untuk rutin membuat postingan.

    Bersama IIDN rasa insecure saya untuk mengikuti lomba blog juga jauh berkurang.  Walaupun baru berani ikut lomba yang diadakan oleh IIDN yang bekerjasama dengan pihak lain, misalnya dengan Kraft dan PopMama.

    Dengan ikut lomba blog, selain berkesempatan untuk mendapatkan hadiah.  Ikut lomba juga membiasakan untuk menulis sesuai dengan tema dan tenggat waktu yang telah ditentukan.

    Terimakasih IIDN telah menghadirkan program-program luarbiasa yang mendorong membernya untuk lebih bersinar dari waktu ke waktu.

    Selamat milad ke 12 IIDN, semoga dari dalam rahimmu semakin banyak terlahir perempuan blogger Indonesia yang aktif, kreatif, dan produktif.



  • You might also like

    29 comments:

    1. aku juga menulis untuk mengelola emosi
      juga menghabiskan jatah jumlah kata harianku wkwk

      Tapi dengan menulis juga, aku lebih terlatih untuk berpikir kritis dan berbicara

      pokoknya menulis itu bermanfaat banget buat kita

      ReplyDelete
    2. Keren banget bisa nangkring di halaman pertama google. Ini bukti bahwa skill itu bisa diasah terus hingga menjadi yang terbaik, ya

      ReplyDelete
    3. Apapun kalau dilakukan dengan sungguh2 pasti membuahkan hasil ya, Mbak. Terlebih berkaitan dengan pelatihan yang menambah kemampuan di bidang tertentu. selamat siang, Mbsk.

      ReplyDelete
    4. Mbaak, memang senang banget ketika tulisan kita tahu2 nangkring di halaman 1 untuk key word tertentu. Masya Allah ya. Alhamdulillah, ikut senang dengan apa yang dicapai hingga saat ini, Mbak .... keep writing :)

      ReplyDelete
    5. MasyaAllah ya Mbak....Saya baru saja kemarin membuat tagline untuk blog saya, karena sering mengalami trouble, semua saya ganti pengelola. Menulis untuk Bahagia. Semoga dengan tagline yang saya buat itu saya jadi bersemangat untuk menulis agar bahagia. Simple sih ya, xixixi

      ReplyDelete
    6. Wih IIDN udah 12 tahun aja, aku anggota baru jd nggak nyangka aja gitu

      ReplyDelete
    7. Seru banget ikut komunitas IIDN karena bisa punya banyak teman penulis dan blogger dari seluruh Indonesia.

      Menulis emang bisa bikin healing ya, Kak. Makasih sarannya. Mulai nanti malam nyoba buat nulis 15 menit agar bisa tidur lelap. Belakangan lagi susah tidur

      ReplyDelete
    8. Salah satu cara untuk meningkatkan dan mengasah skill adalah dengan berkomunitas. Termasuk skill menulis. Bersyukur sekali bisa bergabung di komunitas IIDN ini ya mbak, memberikan banyak pengaruh positif dan semngat untuk terus berkarya. Wadah yang tepat, akan membuat sesorang semakin bersinar. Selamat milad ke-12 IIDN, semoga selalu sukses dan menebar manfaat.

      ReplyDelete
    9. Ah iya, luar biasa y Mbak apa yang dilakukan oleh IIDN ini
      Membantu perempuan mewujudkan mimpinya

      ReplyDelete
    10. Ternyata manfaat dari menulis banyak ya mbak? Harus ngumpulin niat lagi nih biar semangat nulis nya. Keren ya IIDN sudah 12 tahun mewujudkan impian perempuan

      ReplyDelete
    11. MasyaAllah IIDN udah 12 tahun aja.. Moga terus maju dan semakin berkembang, doa terbaik buat IIDN..

      ReplyDelete
    12. Sepakat bahwa IIDN bukan hanya tempat nongkrong online ya Mbak. Ada banyak program penting dan seru banget di IIDN terutama di bidang kepenulisan.

      ReplyDelete
    13. Senang sekali merasakan berkembang dan bertumbuh bersama di komunitas perempuan dan literasi seperti IIDN.
      Sudah lama sekali ya, kak.. Bergabung bersama IIDN mendorong anggotanya untuk terus berkembang dan berusaha mengeluarkan ide dan pikirannya agar lebih produktif sebagai perempuan Indonesia.

      ReplyDelete
    14. senangnya adanya IIDN ini banyak membantu kaum perempuan lebih berdaya, salah satunya adalah dengan cara menulis. Semoga IIDN terus berjaya dan makin banyak programnya yang dapat membantu mencerdaskan perempuan Indonesia

      ReplyDelete
    15. Ternyata manfaat menulis itu banyak juga ya ..👍🏻👍🏻

      ReplyDelete
    16. Yuk menulis biar otak dan pikiran selalu healing

      ReplyDelete
    17. waah makin tercerahkan dan termotivasi nih buat rajin nulis 😍

      ReplyDelete
    18. Makasih mom sharingnya, ternyata dengan menulis banyak sekali manfaat yg bs didapat ya

      ReplyDelete
    19. Kerennn ih mom, aku seneng da kalau bacanya 2,bermanfaat terus ❤️

      ReplyDelete
    20. Herawati nurasiahJune 29, 2022 at 9:39 PM

      Udah lama sebenernya pengen mendalami ini, tp sampe skrg blm mulai... Semangat lah buat diriku :)

      ReplyDelete
    21. Pengen banget nulis dblog tapi gak tau caranya nulis dblog gmn

      ReplyDelete
    22. Luar biasa mom semoga selalu semangat dan juga istiqomah dalam menulis. Jujur saja saya orangnya termasuk mood-ian jadi nulisnya ga pernah istiqomah Tergantung mood 🙈

      ReplyDelete
    23. inspiratif banget tiap baca blognya oemy ikbar 😍

      ReplyDelete
    24. Keren banget mom produktif sekalii

      ReplyDelete
    25. Wahh menginspirasi bangeet nihh,, ternyataa menulis banyak segudang manfaat buat tubuhh jugaa,, ya nihh aku juga lagii di sempetin nuliss.. Walupun kadang masih sukaa lupaa...

      ReplyDelete
    26. Inspiring aku bgt kak .. pengen bgt ada waktu buat nulis kyk kakak gini, semoga bisa ya kak soalnya jd ilmu jariah juga share info2 yg bermanfaat

      ReplyDelete
    27. Masya Allah perjalanannya panjang juga yaa mom, happny anniv IDN, semangat terus nulisnya mom 😍 padahal pas SD aku seneng bgt nulis tp skg nulis buat caption aja😂 waktunya ga banyak hikss

      ReplyDelete
    28. MasyaAllah selalu takjub sm mom yg masih rajin menulis.. Kepengen bgt deh bisa nulis kyk mom 😍

      ReplyDelete
    29. Mbak, anak-anak nya sudah remaja? Masyaallah selamat Mbak berhasil mendidik anak-anak. Sekarang waktunya berkarya. InsyaAllah bersama IIDN ya mba. Saya juga awalnya suka nulis berkat IIDN

      ReplyDelete

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.