-->
  • Rahasia Jakarta


    Doktor Jhon Grant pakar bahasa simbol Universitas George Washingthon, datang ke Jakarta untuk memenuhi undangan Conspiratus Society. Ia didaulat sebagai key note speaker dalam acara yang bertempat di hotel Four Season.

    Makalahnya yang berjudul Masonic Symbols in Jakarta City, hasil penelitian pribadinya selama 7 tahun, yang baru pertama kali dipresentasikan di depan publik berhasil memukau peserta pertemuan. Dengan bahasa lugas tanpa tedeng aling-aling Grant mengungkap jejak keberadaan organisasi Free Mansory di Indonesia dari berbagai simbol yang mereka tinggalkan pada beberapa bangunan peninggalan VOC yang masih berdiri sampai sekarang.

    Tidak ketinggalan, Grant juga mengupas simbol-simbol pada Monumen Nasional (Monas). Hal tersebut memantik rasa penasaran seorang gadis cantik blasteran Minang Prancis, yang sedang mengadakan riset untuk meraih gelar masternya di Mabes Polri. Sebagai anggota Conspiratus Society pagi itu Angelina didapuk menjadi moderator.  Ia begitu terpukau dengan penjelasan lelaki yang masih melajang pada usia matang tersebut.

    Pembunuhan Profesor Sudrajat, ekonom kenamaan Indonesia, yang terjadi tepat di bawah batu kunci (key stone) warisan arsitektur para mason yang terdapat di bagian tengah atas gerbang utama Stadhuis.  Meninggalkan anagram yang ditulis dengan tinta darah pada dinding bangunan yang kini bernama Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fathahillah itu.

    Hal tersebut memaksa pihak kepolisian untuk meminta bantuan Doktor Grant melalui Angelina untuk memecahkan anagram yang berbunyi AS AT DUTCH. Posisi korban yang tidak lazim, dengan tangan yang menunjuk ke arah Selatan persis patung Hermes yang terdapat di halaman museum. 

    The Jacatra Secret merupakan novel perdana penulis yang lahir tidak jauh dari istana merdeka, dan monas merupakan taman bermainnya saat masih kecil. Berkisah menggunakan PoV orang ketiga, dengan piawai penulis mampu menggambarkan ketegangan pengungkapan fakta demi fakta misteri pembunuhan yang  berkelindan dengan sejarah keberadaan Mason dunia serta dampaknya bagi Indonesia yang bikin sesak napas.

    Novel berbasis sejarah yang jauh dari kata bosan dan mengenal lebih akrab kota lama yang mempunyai latar belakang sejarah yang mengagumkan. Rizki Ridyasmara berhasil meracik cerita yang disandingkan peristiwa sejarah dengan takaran yang pas.

    Tidak heran sejarahwan Prof. Ahmad Mansyur Suryanegara penulis buku Api Sejarah memberikan testimoni “ Novel The Jacatra Secret membuktikan jika sejarah Jakarta dan Batavia yang saya paparkan dan yakini adalah benar.”





  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.