Wednesday, February 9, 2022

Cara Mudah Menanam Anggrek Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga

 

Cara Mudah Menanam Anggrek Bagi Pemula

Bagaimana cara menanam anggrek bagi pemula agar mudah berbunga? Itu adalah pertanyaan saya dua tahun lalu. Saya tidak mau kegagalan di masa lalu terulang (eeaaaa). Karena tidak menguasai cara perawatannya dengan benar, tidak lama setelah dibeli anggreknya malah mati, kan sayang banget. Padahal harga bunga ini cukup menguras kantong.

Ternyata teman-teman apabila kita tahu ilmunya, cara menanam anggrek itu tidak susah. Saya sudah membuktikan dan hasilnya sangat memuaskan. Bukan hanya tumbuh dengan subur, tanaman yang memiliki nama latin Orchidaceae ini pun, rajin memamerkan keindahan bunganya yang begitu melegenda.

Teman-teman pengen tahu juga kan bagaimana cara menanam anggrek bagi pemula agar mudah berbunga? Sini saya bisikin, ada 2 tahap yang harus teman-teman lakukan yaitu:

Tahap Persiapan

Ketika berniat ingin menghias rumah dengan tanaman anggrek, sebaiknya teman-teman menentukan terlebih dahulu jenis anggrek apa yang ditanam. Ini penting, karena masing-masing jenis memiliki perlakuan dan perawatan yang berbeda misalnya:

  • Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) atau puspa pesona yang merupaka salah satu bunga nasional      Indonesia. Termasuk jenis anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari. Pada habitat aslinya dihutan, bunga ini hidup secara epipit yaitu menempel pada batang pohon ternaungi daun-daun rindang. Jadi tanaman ini sangat menyukai suasana yang lembap dan teduh cocok diletakan dalam ruangan.
  • Anggrek Dendrobium adalah anggrek yang paling banyak di koleksi oleh orchid lovers karena  tanaman hias asli Indonesia ini, mudah beradaptasi cukup tahan banting. Bisa ditempatkan dimana  saja tidak perlu di tempat teduh.
  • Anggrek Vanda atau dalam bahasa perdagangan holtikultura sering disingkat dengan V ini memiliki      sekitar 87 spesies. Anggrek ini sangat membutuh sinar matahari langsung dengan kelembapan yang        relatif tinggi di suasana terbuka dengan aliran udara bebas. Anggrek ini tidak cocok bila di tempatkan    dalam ruangan.

Cara Mudah Menanam Anggrek Bagi Pemula


Tahap Penanaman

Setelah menetapkan hati, yu kita tanam anggreknya. Tapi sebelumnya kita siapkan dulu pot dan medianya ya teman-teman.

a. Pot

Menanam anggrek sebaiknya di pot tanah atau tembikar dengan lubang sirkulasi yang cukup banyak agar memberikan efek dingin. Ukurannya harus disesuaikan dengan besar tanaman, karena apabila potnya terlalu besar akar menjadi tidak stabil sehingga susah berbunga.

Pot khusus anggrek ini sangat sederhana dan murah, dibandingkan dengan pot untuk tanaman lainnya. Agar keindahan bunga anggrek tidak terdistraksi oleh kecantikan potnya. Sebelum digunakan, sebaiknya pot tembikar ini direndam terlebih dahulu dalam air dingin semalaman.

Apabila di daerah teman-teman susah mendapatkan pot yang terbuat dari tanah. Jangan khawatir , bisa juga kok menanamnya di pot plastik. Dengan memberikan sedikit modifikasi yaitu dengan membuat lubang sirkulasi di sekeliling pot. Untuk membuat lubang-lubang ini, teman-teman bisa menggunakan solder listrik.

b. Pecahan Genting

Pecahan genting ini digunakan untuk mengatur aliran air (drainase) dan sirkulasi udara dalam pot. Selain itu pecahan genting yang disusun secara tidak teratur akan menjadi jalan masuk oksigen yang diperlukan akar tanaman anggrek.

c. Arang

Arang mempunyai sifat tidak bisa mengikat air dalam jumlah banyak, sehingga dapat membuat daerah pertumbuhan anggrek mempunyai kelembapan yang tinggi. Selain itu, arang juga dapat menyerap gas dan zat beracun.

Sebelum digunakan sebaiknya disterilisasi terlebih dahulu dengan cara merendamnya dengan air panas dan dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan.

d. Sabut Kelapa

Sabut kelapa mempunyai kemampuan mengikat dan menyimpan air, drainase dan aerasi yang baik sebagai media tanam. Selain itu, sabut kelapa juga mengandung unsur hara yang memiliki fungsi sebagai pupuk organik yaitu Ca, Mg, K, Na dan P.

e. Pakis

Akar pakis mempunyai segudang manfaat bagi tanaman. Selain mengandung unsur hara sebagai suplemen penyubur, juga bersifat porous sehingga dapat mengalirkan kelebihan air serta tidak mudah lapuk.

f. Kaliandra

Kaliandra sangat bermanfaat bagi tumbuhan anggrek sebagai penggemuk batang, perangsang tumbuh dan penjaga kelembaban. Agar tidak terlalu subur, saya menggunakan campuran antara daun dan batang kaliandra.

Setelah semuanya lengkap, kemudian media tersebut disusun secara berurutan di dalam pot. Pertama letakan pecahan genting di dasar pot, pengisiannya kira-kira 1 per 3 tinggi pot tergantung kelembapan yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek. Kemudian arang , sabut kelapa, pakis, dan kaliandra secukupnya. Kemudian tanam deh anggreknya.

Agar anggreknya tumbuh dan berbunga secara maksimal, saya pun melakukan pemupukan setiap satu minggu sekali. Agar aman bagi lingkungan, saya menggunakan pupuk organik cair (POC) home made dari bahan-bahan organik yang mudah didapat. InsyaAllah dalam artikel berikutnya saya akan membagikannya untuk teman-teman.

Itulah cara mudah menanam anggrek agar cepat berbunga bagi pemula versi saya. Selamat mencoba.

40 comments:

  1. Paling gak bisa nih nanam anggrek.. makasih ya infonya..

    ReplyDelete
  2. Mamah aku nih seneng anggrek. Harus kasih tau mamah. Makasi yaaa sharingnya 😍

    ReplyDelete
  3. Waah...saya tuh sukaaak bngt sama bunga anggrek, tpi krn sdh diiming2im ktanya ngerawatnya susaah,..akhirnya g berani. Stlh baca ini...insyaAllah saya coba, deh.

    ReplyDelete
  4. Inget anggrek jd inget mamah suka nanem anggrek 🥰

    ReplyDelete
  5. Masya Allah inspirasi sekali... Trims y mbk infonya...

    ReplyDelete
  6. makasih mom infonya, jadi pengen nanem anggrek. favorit mamah banget anggrek ini

    ReplyDelete
  7. Pengen banget bisa anteng bertanam. Selama ini cuma seneng lihat punya orang, tapi gak pernah nanem sendiri 😁

    ReplyDelete
  8. Adik saya pecinta anggrek, demi anggrek dia rela ngerogoh kocek yang gk sedikit itu,
    Lucunya dia juga rela ngutang meski sama saudari sendiri 😅

    ReplyDelete
  9. Makasiii banyak sharingnyaa, aku sukaa banget nanem.. kebetulan di rumah ibuku juga banyak tanaman anggrek, mau aku coba praktek dirumah ibuku.. ❤

    ReplyDelete
  10. Dari dulu pengen banget tanam anggrek, makasih mom infonya

    ReplyDelete
  11. Saya gak punya tanaman anggrek sih mom, tapi lihat postingan ini rasanya pengen nyobain punya deh.. Makasih banyak informasinya 😊

    ReplyDelete
  12. Makasih infonya mom. Bagus buat aku pemula anggrek

    ReplyDelete
  13. Wah terima kasih banyak infonya, saya pernah nanem anggrek juga dan mati, padahal suka banget sama anggrek :(

    ReplyDelete
  14. Makasih sharingnya mom, next nyoba juga ah

    ReplyDelete
  15. Makasih banyak infonya ya kak.. Emang kalo liat tanaman tuh rasanya adem banget. Apalagi kalo liat anggrek itu bawaannya anggun terus.

    ReplyDelete
  16. Wah aku banget nih punya anggrek tapi kemaren malah ga berbunga kayanya salah media huhu makasih kak infonya

    ReplyDelete
  17. Baca ini, auto teringat tanaman anggrek di rumah mertua. Adik ipar saya yang telaten merawatnya hingga jadi bunga yg sedap dipandang 😀. Memang anggrek nih selalu jd bunga favorit..

    ReplyDelete
  18. Anggrek saya berbunga lebat, tapi waktu dibawa mudik kemarin rontok semua. Sampai sekarang belum berbunga lagi.

    ReplyDelete
  19. wah infonya mantep banget mbak, otw ngasih tau emak ah supaya cepet praktek

    ReplyDelete
  20. Makasih sharingnya mba, bermanfaat sekali. Waktu itu mamah pernah dapet Anggrek dari temennya mau buat di tanam di rumah, eeh pas ditanam ngga lama kemudian malah mati.Kayaknya salah dalam metode tanamnya sih.

    ReplyDelete
  21. Sebagai perempuan yang masih berusahq berteman dengan tanah tips ini sangat mudah untuk dipraktekkan

    ReplyDelete
  22. Trims mbak sharingnya. Sudah nambah ilmu baru tentang anggrek, tanaman yang menurut saya agak ribet tumbuhnya.. 🙂

    ReplyDelete
  23. Makasih sharingnya mb. Saya punya 1 pohon tapi dibiarkan saja. Hiihihi

    ReplyDelete
  24. Ibu saya suka menanam anggrek. Beliau menganggap anggrek sebagai tanaman yang elegan dan cantik. Tiap saya pulang, anggrek ibu selelu berbunga. Giliran saya rawat, anggreknya lama sekali berbunga.

    ReplyDelete
  25. Susah susah gampang ya kalau menanam anggrek ini.

    ReplyDelete
  26. Makasih infonya mbak, aku masih maju mundur nanem anggrek karena kurang telaten

    ReplyDelete
  27. Sya anggrek dirumah lebih banyak sya biarkan hehe koleksinya juga hanya 3 macam setelah baca ini menambah pengetahuan tentang anggrek

    ReplyDelete
  28. Anggrek ini emang tanaman yg menggoda. Ternyata cara nanemnya cukup mudah ya mbak. Saya pikir riweuh,

    ReplyDelete
  29. Saya suka dengan bunganya tapi kalau disuruh nanam paling ga bisa dan ga sabar he he..

    ReplyDelete
  30. Pas banget mau dikasih anggrek temen.. Smoga bisa rawatnya nanti

    ReplyDelete
  31. save dulu ini.. nanti kalo sudah ketemu waktuny bisa dipraktekkan ☺

    ReplyDelete
  32. Informasi seperti ini bakal cocok banget buat papa ku, hobinya sama taneman~

    ReplyDelete
  33. wah saya dulu suka liatin tetangga nanam anggrek ini ternyata memang mudah ya cara nanamnya, apalagi buat pemula hal ini pasti ngebantu banget

    ReplyDelete
  34. Saya suka lihat bunganya, tapi belum pernah nyoba nanam. Haha. Terima kasih banyak infonya, Mbak. Siapa tahu kapan-kapan bisa nyoba. hehe.

    ReplyDelete
  35. Ternyata caranya cukup mudah, ya. Nanti kasih tau mamak ah biar nyoba hihi. Makasih sharingnya:D

    ReplyDelete
  36. Pengen sekali bisa menanam bunga. Tapi masih sering mati akhirnya uda gk pernah hehhee. Setelah baca jadi tahu, semoga bisa berbunga baik kayak gitu.

    ReplyDelete
  37. Pas baca tulisan ini, agak minder, karena emang selalu gakbisa nanam dan ngrawat tanaman hehe. Tapi begitu baca komen, berasa banyak temennya :D

    ReplyDelete

Komentar anda merupakan sebuah kehormatan untuk penulis.